Cara Spooring Sendiri Kendaraan Beroda Empat Truk Atau Elf Minibus

Spooring truk minibus sendiri - Salah satu hal yang wajib namun tidak tercatat didalam buku panduan pengguna kendaraan bermotor roda empat ialah terkena spooring kendaraan beroda empat dimana perawatan yang berupa penyetelan sudut sudut geometri roda kendaraan beroda empat ini sangat berdampak pada kenyamanan berkendara dan juga ekonomis tidaknya pemakaian ban serta materi bakar kendaraan.

Spooring yaitu suatu pekerjaan yang biasanya dilakukan di tiap kendaraan yang sudah mencapai jarak tempuh di kilometer tertentu, biasanya per 10.000km untuk diselaraskan kembali sudut sudut geometri roda menyerupai sudut camber, sudut caster dan juga sudut toe yang suatu ketika niscaya bergeser. Spooring sanggup dilakukan baik secara manual dengan menggunakan benang ataupun meteran, juga sanggup dilakukan dengan sebuah mesin khusus yang dinamakan mesin spooring. Nah pada peluang kali ini saya akan membagikan tips enteng bagaimana melaksanakan spooring manual yang sanggup kalian lakukan sendiri tanpa harus pergi ke hebat spooring, khusus untuk kendaraan beroda empat jenis truk ataupun elf minibus.

 Salah satu hal yang wajib namun tidak tercatat didalam buku panduan pengguna kendaraan be Teknik Spooring Sendiri Mobil Truk Atau Elf Minibus

Teknik spooring truk dan minibus sendiri


1. Kunci kunci untuk spooring manual truk dan minibus

Untuk melaksanakan spooring secara manual ini yang perlu anda persiapkan yaitu sebuah kunci kunci untuk mengendorkan single tierod truk serta meteran sebagai alat ukur. Untuk kunci membuka tie rod truk tidak sama beda tergantung truk brand apa, khusus untuk isuzu anda spesialuntuk membutuhkan kunci inggris besar, kunci pas ring 30, dan kunci pas ring 24.

Baca juga : Penyebab As roda truk sering patah dan cara antisipasi

2. Langkah melaksanakan spooring manual truk dan minibus sendiri

Pertama silahkan kendorkan mur pengunci tierod sisi kiri dan kanan dengan kunci pas yang sudah anda persiapkan tadi, setelah dikendorkan mintalah menolongan kepada seorang mitra untuk mengukur panjang antara roda depan cuilan depan, dan roda depan cuilan belakang truk dan hitung selisihnya, pengukuran dilakukan pas pada cuilan tengah ban.Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

 Salah satu hal yang wajib namun tidak tercatat didalam buku panduan pengguna kendaraan be Teknik Spooring Sendiri Mobil Truk Atau Elf Minibus

 Untuk ukuran ideal kendaraan beroda empat truk ataupun minibus, selisih antara depan ( A ) dan belakang ( B ) terbaik yaitu 4 hingga 10 milimeter lebih pendek di cuilan depan ( A ). Sesudah anda mendapat selisih 4 atau 10 mm antara cuilan depan dan cuilan belakang, silahkan anda kencangkan mur pengunci tie rod dan pastikan kencang semoga tidak kendor dan terlepas diperjalanan nanti. Saya sendiri biasa menggunakan selisih 4 milimeter utuk penyetelan.

Kenapa harus ada selisih 4 hingga 10 milimeter lebih pendek dibagian depan ? Selisih rentang jarak yang lebih pendek pada cuilan depan disebut dengan toe - in, sudut toe - in inilah yang membuat pengendalian kendaraan beroda empat menjadi lebih stabil, lurus dan tidak liar. Berbeda bila setelan terbalik yang belakang lebih pendek daripada cuilan depan, pengendalian akan menjadi liar, belum lagi setir sanggup kadang miring kiri kadang miring kanan tidak terang ( liar ).

Untuk penyetelan lain lain tidak ada yang perlu disetel lantaran truk atau kendaraan beroda empat elf minibus tidak mempunyai setelah camber ataupun caster layaknya kendaraan beroda empat penumpang lain, dan sudut sudut camber caster dari truk ini permguan alias tidak sanggup disetel lantaran pada sebuah truk tidak menggunakan ball joint ataupun upper dan lower arm, melainkan eksklusif menggunakan King Pin sebagai penghubungnya.

Karena penerapan King pin itulah kaki kaki truk ataupun minibus menjadi sangat berpengaruh walaupun dipakai untuk mengangkut muatan yang sangat berat, dan jarang sekali mengalami kerusakan bila si pemilik rajin melaksanakan perawatan dan investigasi pada cuilan ini, khususnya dalam mempersembahkan pelumas atau grease.

Baca juga : Ini ia alasan kaki kaki truk atau elf minibus jarang rusak

Nah itulah tadi tips bagaimana cara menspooring kendaraan beroda empat truk atau elf sendiri dengan menggunakan benang atau meteran. melaluiataubersamaini anda melaksanakan spooring sendiri, selain menghemat pengeluaran biaya untuk melaksanakan spooring juga akan membuat anda lebih tahu bagaimana cara merawat truk / minibus keakungan. Semoga bermanfaa dan silahkan dicoba. Untuk mendapat hasil yang sangat akurat tentu akan lebih baik lagi bila anda eksklusif membawa truk tercinta ke bengkel khusus spooring dan balancing yang tersebar di kota anda.


Belum ada Komentar untuk "Cara Spooring Sendiri Kendaraan Beroda Empat Truk Atau Elf Minibus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel