Apa Itu Exhaust Brake Pengertian Dan Fungsi Exhaust Brake

Arti exhaust brake dan cara kerjanya - mungkin metode pengereman yang satu ini yakni exhaust brake masih tergolong abnormal ditelinga orang orang awam, namun istilah ini sangat dikenal oleh mereka yang sehari hari membawa kendaraan berat semacam truk, lantaran mereka biasanya memakai metode pengereman ini ketika berkendara.

Lalu apa dan bagaimana sih exhaust brake itu bekerja ? Untuk mengetahui pengertian dan cara kerja dari sistem pengereman memakai exhaust ini, silahkan disimak ulasan lengkapnya dibawah ini.

 mungkin metode pengereman yang satu ini yakni exhaust brake masih tergolong abnormal ditelin Apa Itu Exhaust Brake Pengertian Dan Fungsi Exhaust Brake

Apa itu exhaust brake ?

Exhaust brake yakni salah satu cara melaksanakan pengereman yang dilakukan dengan memanfaatkan gas membuang yang dimampatkan didalam ruang bakar sehingga tekanan didalam ruang bakar menjadi besar. Besarnya tekanan inilah yang nantinya membuat piston menjadi sedikit tertahan dalam pergerakannya naik turun dan memperlambat putaran mesin. Teknik memampatkan gas membuang ini yakni dengan cara menutup kanal exhaust atau kanal gas membuang, sehingga sisa gas membuang tetap berada didalam mesin.

Baca juga : Pengertian dan cara kerja cruise control pada mesin mobil

Teknik kerja exhaust brake

Teknik kerja dari exhaust brake ini sangat sederhana yakni cukup dengan menekan sebuah tombol atau switch exhaust brake, maka secara otomatis exhaust brake seketika itu akan berfungsi, syarat mutlak supaya exhaust brake ini berfungsi yakni kendaraan / truk melaju pada kecepatan tinggi dan pedal kopling maupun pedal gas dalam keadaan tidak diinjak, lantaran pada kedua pedal ini biasanya terdapat tombol swicth aktivasi. Bila salah satu pedal masih diinjak maka exhaust brake tidak akan berfungsi. Dan ketika kita menekan switch exaust brake inilah maka sensor pengatur valve akan menutup kanal gas membuang kendaraan, dengan begitu udara sisa pembakaran tidak sanggup pergi kemana mana sehingga tertahan didalam ruang mesin, yang selanjutnya akan menahan pergerakan piston.

 mungkin metode pengereman yang satu ini yakni exhaust brake masih tergolong abnormal ditelin Apa Itu Exhaust Brake Pengertian Dan Fungsi Exhaust Brake
Posisi valve exhaust brake, ada dibagian tengah knalpot ataupun sempurna dibelakang turbo


Fungsi exhaust brake

Fungsi utama dari exhaust brake ini yakni untuk memperlambat laju kendaraan dengan jalan menurunkan rpm atau putaran mesin dari yang tiruanla tinggi menjadi turun atau merendah. Makara exhaust brake ini tidak sama sekali dengan pedal rem yang sanggup dipakai untuk menghentikan laju kendaraan beroda empat hingga berhenti, pada pengereman memakai exhaust brake ini spesialuntuklah sebatas memperlambat atau menurunkan rpm putaran mesin saja, dan exhaust brake ini pun efektif bekerja di rpm tinggi, semakin menurun rpm mesin maka kinerja dari exhaust brake juga ikut menurun lantaran gas membuang yang dihasilkan dan dimampatkan didalam mesin juga menurun.

Teknik mengoperasikan exhaust brake

Tiap jenis kendaraan mempunyai cara pengoperasiannya sendiri sendiri, oleh lantaran itu silahkan anda pelajari melalui buku panduan pemilik masing masing mobil. Namun kebanyakan rata rata truk mempunyai tuas aktivasi exhaust brake yang berada di sebelah kiri setir kemudi. Tekniknya cukup menaikkan tuas tersebut ke atas hingga terlihat lampu indikator exhaust brake yang ada di dasboard menyala dan terdengar menyerupai suara angin yang ditutup, cesss cesssss :). Agar exhaust brake ini berfungsi pastikan ketika kendaraan beroda empat melaju, gigi perseneling dalam keadaan masuk dan kedua pedal gas ataupun kopling tidak di injak.

 mungkin metode pengereman yang satu ini yakni exhaust brake masih tergolong abnormal ditelin Apa Itu Exhaust Brake Pengertian Dan Fungsi Exhaust Brake
Tuas untuk mengaktifkan exhaust brake, tarik keatas sekali untuk mengaktifkan / nonaktifkan


Baca juga : Teknik kondusif menghentikan kendaraan beroda empat dengan engine brake

Selain exhaust brake kita mengenal juga istilah pengereman yang disebut dengan istilah Engine brake, yakni metode pengereman yang memanfaatkan tenaga dari putaran mesin untuk menghentikan laju kendaraan dalam keadaan darurat jika rem mengalami blong. Wah ternyata aneka macam ya cara mengerem kendaraan yang sanggup kita lakukan ternyata. Semoga goresan pena diatas sanggup mempersembahkan anda manfaat dan silahkan tidakboleh lupa dibagikan.






Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Exhaust Brake Pengertian Dan Fungsi Exhaust Brake"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel