Pengertian Over Running Mesin Penyebab Mesin Over Running

Arti over running mesin - mungkin sebagian dari anda sering mendengar istilah mesin kendaraan beroda empat yang mengalami over running bukan ? Lalu apa sih bekerjsama yang dimaksud dengan over running, penyebab terjadinya over running dan cara mencegah mesin kendaraan mengalami over running dan rusak.

Pengertian over running pada mesin

Over running ini yaitu suatu insiden dimana kecepatan putaran mesin kalah cepat dari kecepatan putaran power train ketika kendaraan melewati jalanan menurun tajam. Atau dalam bahasa gampangnya yaitu yang seharusnya mesin memutar dan menggerakkan sistem penggagas mobil, jikalau terjadi over running prosesnya akan menjadi terbalik yakni penggagas kendaraan beroda empat yang bergerak terlalu cepat sehingga seolah olah melawan dan malah memutar mesin kendaraan.

 mungkin sebagian dari anda sering mendengar istilah mesin kendaraan beroda empat yang mengalami over runni Pengertian Over Running Mesin Penyebab Mesin Over Running


Proses terjadinya over running

Dalam keadaan normal sebuah mesin kendaraan beroda empat akan terputar yang selanjutnya akan disalurkan ke kopling menuju ke power train, gres kemudian tenaga putar ini disalurkan ke batang propeller menuju gardan dan terakhir ke poros roda. Kemudian ketika kendaraan beroda empat ini melewati turunan, biar tidak meluncur bebas maka laju kendaraan akan ditahan oleh sistem engine brake tentunya dengan penerapan posisi tuas transmisi yang sesuai anjuran. Jika tidak sesuai dengan penerapan tuas transmisi yang benar maka proses engine brake akan mengalami kegagalan sehingga kendaraan beroda empat akan pribadi meluncur kebawah, terlebih lagi jikalau kendaraan beroda empat mengangkut beban yang berat maka kecepatannya ( meluncur ke bawah ) akan semakin bertambah.
Karena kendaraan beroda empat meluncur maka kecepatan putaran roda ini lebih tinggi dibandingkan rpm mesin, jikalau salah dalam mengunakan tuas gigi perseneling untuk mengaktifkan engine brake maka akan terjadi kegagalan sistem dan membuat putaran roda akan diteruskan ke gardan-propeller-powertrain-kopling dan ke timing gear mesin mobil. Dan rantai dari timing gear ini salah satunya juga memutar komponen camshaf mesin yang nantinya akan membuat putaran chamshaf ini menjadi lebih cepat dari yang seharusnya, dimana chamshaf ini berperan penting sebagai proses buka dan tutup klep atau valve, dimana pada potongan valve ini terdapat sebuah spring atau per yang berfungsi untuk mengembalikan posisi valve.

Kerusakan yang timbul akhir over running

Akibat saking cepatnya proses kerja valve ini membuat per tidak berpengaruh mengimbangi putaran chamshaf sehingga valve pun akan pribadi terlempar atau jumping. Yang selanjutnya akan merusak baik itu valve intake maupun exhaust dan juga piston mesin. Kerusakan pada valve atau klep berupa bengkok atau patah serta dudukan valve ikut rusak, sedangkan untuk kondisi piston sanggup pecah akhir baku hantam dengan valve atau yang paling parah push rod atau stang juga mengalami kebengkokan.

Agar tidak mengalami over running

Jika anda sedang mengendarai kendaraan khususnya kendaraan berat menyerupai truk pengangkut, usahakan memakai tuas transmisi yang benar ketika mengaktifkan engine brake. Misalnya ketika truk terlanjut meluncur kebawah dengan kecepatan 60km/jam maka kita sanggup memakai tuas transmisi nomor 3 untuk mengaktifkan engine brake sembari melaksanakan pengereman dengan exhaust brake, selanjutnya kurangi tuas gigi transmisi secara sedikit demi sedikit ke gigi rendah diadaptasi dengan laju kendaraan pada ketika itu.

 mungkin sebagian dari anda sering mendengar istilah mesin kendaraan beroda empat yang mengalami over runni Pengertian Over Running Mesin Penyebab Mesin Over Running


Untuk pemilik truk sanggup membaca gosip tentang peringatan engine over running di potongan dalam pintu pengemudi. Semoga bermanfaa.


Belum ada Komentar untuk "Pengertian Over Running Mesin Penyebab Mesin Over Running"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel