Cara Mengatasi Exhaust Brake Tidak Berfungsi

Exhaust brake tidak fungsi cara mengatasinya - salah satu fitur yang ada pada kendaraan beroda empat bermesin diesel, khususnya kendaraan besar sekelas elf, minibus ataupun truk ialah exhaust brake nya yang bisa menurunkan rpm atau putaran mesin yang sanggup memmenolong memperlambat laju kendaraan. Biasanya penerapan exhaust brake ini diikuti dengan penerapan Engine Brake ataupun rem kaki, dengan begitu kampas rem pun menjadi lebih baka serta tidak praktis rusak.

Namun demikian tidak selamanya fitur exhaust brake ini bisa berfungsi, ada kalanya sebuah kendaraan beroda empat mengalami kegagalan dalam  melakukan exhaust brake alias exhaust brake nya tidak bisa dipakai atau dinyalakan padahal sudah melaksanakan / menerapkan cara yang benar dalam penerapannya. Nah pada goresan pena kali ini kami akan sedikit mempersembahkan klarifikasi terkena tidak berfungsinya exhaust brake dan bagaimana cara memperbaiki exhaust brake yang tidak bekerja.

Exhaust brake tidak fungsi cara mengatasinya Teknik Mengatasi Exhaust Brake Tidak bekerja sebagaimana mestinya

#Penyebab exhaust brake tidak bekerja

Fitur exhaust brake ini sanggup bekerja dengan baik bila kalian mengikuti panduan yang ada didalam buku petunjuk pemakaian dengan benar, Bagaimana penerapan exhaust brake yang benar supaya sanggup bekerja ? Anda bisa membacanya di artikel kami sebelumnya yang pertanda terkena : Apa itu exhaust brake fungsi dan cara kerja exhaust brake.

Exhaust brake mempunyai banyak sensor untuk bisa bekerja, dan biasanya kegagalan yang sering terjadi ialah alasannya sensor sensor yang bermasalah. Terutama switch sensor yang berada atau terpasang pada pedal kopling maupun pedal gas yang terkadang kendor, berubah posisi dan lain sebagainya tanggapan penyetelan ketinggian pedal tersebut sehigga switch tersebut tidak tersentuh atau bekerja sebagaimana mestinya.

Baca juga : Teknik spooring truk atau minibus sendiri dengan meteran

#Teknik mengatasi exhaust brake yang tidak bekerja

Untuk memperbaiki kegagalan sistem exaust brake ini anda pun perlu menilik beberapa kepingan untuk memastikan dimana problem yang membuat sistem tidak bekerja. Dan dibawah ini ialah beberapa komponen yang seringkali menjadi penyebab kenapa exhaust brake tidak bekerja.

1. Memeriksa tombol switch di bawah pedal gas dan kopling

Yang pertama ialah dengan menilik switch sensor yang ada di kepingan atas pedal kopling dan gas, kalau kurang turun kebawah dan tidak menyentuk plat pedal silahkan di setel terlebih lampau. Untuk gambar akan kami upload dilain waktu alasannya kebetulan penulis belum sempat memotret.

2. Memeriksa switch transmisi

Sesudah switch yang ada di kepingan bawah pedal gas dan kopling disetel dengan benar dan masih belum berfungsi exhaust brake nya, coba periksa juga apakah switch sensor gigi transmisi terputus ataukah tidak, bila putus silahkan diperbaiki terlebih lampau bila memungkinkan, kalau tidak memungkinkan silahkan diganti dengan yang baru.

3. Memeriksa tuas exhaust brake

Bila beberapa sensor yang sudah disebutkan diatas ternyata dalam kondisi manis / tidak rusak, kemungkinan besar kerusakan ada pada kepingan tuas pemicu exhaust brake yang biasanya ada di posisi kiri setir kendaraan beroda empat yang mungkin sudah mengalami kerusakan. Pemeriksaan pada kepingan ini memang sedikit susah dan dibutuhkan tenaga andal untuk melakukannya, maka dari itu anda bisa membawa unit kendaraan beroda empat yang mengalami tanda-tanda kerusakan exhaust brake tidak bekerja ini ke bengkel mobil.

Baca : Teknik mengatasi setir kendaraan beroda empat terasa melayang

Memang berbagai problem teknis yang bisa membuat rusak atau tidak bekerjanya exhaust brake mulai dari sensor sensor yang bermasalah sampai komponen dari exhaust brake itu sendiri yang sudah lama dan waktunya rusak. Semoga bermanfaa dan tidakboleh lupa dibagikan.


Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Exhaust Brake Tidak Berfungsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel