Mengenal Nos Nitrous Oxyde Systems Dan Cara Kerja Nos

Apa itu NOS Nitrous Oxyde Sytem ? - mungkin bagi anda yang gemar akan balap kendaraan beroda empat sudah tahu apa arti dari NOS beserta fungsinya, akan tetapi bagi orang orang awam tentu masih terdengar abnormal baik bentuknya maupun fungsinya saja belum begitu banyak yang tahu. Nah pada peluang kali ini kami akan membagikan artikel terkena perangkat penambah tenaga untuk kendaraan beroda empat dibawah ini.

Arti pengertian dari NOS Nitrous Oxyde System

NOS yaitu akronim dari Nitrous Oxyde System yaitu sebuah sistem penambah tenaga pada sebuah mesin kendaraan beroda empat dengan cara menyemprotkan gas nitrous oxyde kedalam ruang bakar. Gas Nitrous Oxyde mempunyai rumus kimia N2O dimana senyawa gas ini yaitu adonan dari 2 atom Nitrogen dan 1 atom Oksigen.

 mungkin bagi anda yang gemar akan balap kendaraan beroda empat sudah tahu apa arti dari NOS beserta fungsi Mengenal NOS Nitrous Oxyde Systems Dan Teknik Kerja NOS

Sejarah ditemukannya Nitrous Oxyde Systems

Awal mulanya teknologi Nitrous Oxyde System ini ditemukan pada pertama perang dunia kedua oleh jerman yang kemudian diaplikasikan kedalam seluruh armada udaranya. Awal mula ditemukan teknologi yaitu untuk mengatasi kebutuhan oksigen yang digunakan untuk proses pembakaran mesin pesawat, dimana pada ketinggian tertentu diudara jumlah oksigen semakin minipis, dan dengan teknologi inilah gas nitrous oxyde ini disemprotkan ke ruang bakar mesin pesawat sehingga kebutuhan akan oksigen sebaga syarat pembakaran terpenuhi. Negara inggris pun kemudian mengikuti dan mengaplikasikan teknologi ini pada pesawat tempurnya.

Gas Nitrous oxyde ini ketika berada pada ruang bersuhu sekitar 300 derajat celsius akan terurai dan terecah menjadi 2 gas yakni gas nitrogen dan juga oksigen. Kandungan yang ada pada Nitrus Oxyde ini mengandung Oksigen sebesar 36%, tentu jumlah ini jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan kandungan oksigen yang ada di udara bebas yang spesialuntuk sebatas 23% saja. Pada tekanan yang sama gas Nitrous Oxyde ini juga mempunyai kepadatan 50% lebih padat dibandingkan dengan udara. Kaprikornus dengan volume yang sama, kandungan oksigen yang ada pada gas Nitrous Oxyde ini lebih banyak antara 2 hingga 3 kali lipat dibandingkan dengan udara bebas.

Baca juga : Arti kendaraan motor kendaraan beroda empat STNK only

Teknik Kerja Nitrous Oxyde System Pada Mobil

Teknik kerja sistem NOS ini sangat sedernaha, yakni menyemprotkan gas Nitrous Oxyde kedalam ruang bakar ketika mesin mencapai power terbaiknya. Gas nitro oxyde ini dimasukkan kedalam ruang bakar melalui susukan intake yang selanjutnya akan ikut masuk kedalam ruang bakar mesin. Dari klarifikasi diatas tadi anda sudah mempunyai citra bagaimana cara kerja dari sistem ini, Ketika gas nitro oxyde ini terurai, maka akan menghasilkan gas oksigen dalam jumlah yang besar dan bila dicampur dengan materi bakar secara otomatis kepadatan yang ada didalam ruang bakar mesin akan meningkat pula. melaluiataubersamaini adanya peningkatan materi materi bakar dan juga udara didalam ruang bakar ini tentunya hasil pembakaran juga akan meningkat sangat tajam lantaran kompresi mesin menjadi meningkat secara signifikan. Ledakan yang dihasilkan tentu menjadi sangat besar dan imbasnya yaitu power atau tenaga yang dimuntahkan oleh mesin menjadi meningkat tajam.

Macam Bentuk NOS

Untuk ketika ini kita mengenal 2 jenis NOS yaitu NOS dalam bentuk cair dan juga NOS dalam bentuk gas bukan cair. Kelemahan dari kedua jenis NOS tersebut spesialuntuklah ketika gas sudah habis harus dilakukan pengisian ulang :). Untuk yang model cair mempunyai kapasitas yang lebih banyak.

Jenis instalasi NOS pada mobil

Untuk instalasinya juga terdapat 2 jenis instalasi yakni instslasi NOS sistem kering atau dry, dan juga instalasi NOS sistem berair atau Wet. Masing masing dari instalasi ini juga mempunyai peralatan pemasangan yang tidak sama pula.

1. Sistem Dry NOS

Untuk instalasi sistem NOS kering yaitu terdapat pada proses penembakan gas Nitrous Oxyde nya dilakukan terpisah dari materi bakar. Nozzle dari NOS ini disambungkan eksklusif kedalam ruang bakar secara terpisah, sedangkan materi bakar kendaraan tetap masuk melalui jalurnya sendiri yakni karburator ataupun injektor. Atau bahasa gampangnya sistem pemasangan yang satu ini yaitu dengan menciptakankan jalur gres untuk gas NOS yang menuju ke ruang bakar.

2. Sistem Wet NOS

Untuk instalasi NOS sistem berair atau wet ini yaitu dengan cara menambahkan sebuah perangkat injektor khusus yang berfungsi untuk mencampurkan materi bakar dan juga gas Nitrous Oxyde sebelum ditembakkan secara bersamaan kedalam ruang bakar. Untuk perangkat NOS yang dipasang pada mesin berkarburator, adonan antara gas NOS dan juga BBM harus terlebih lampau disetting melalui ukuran spuyer jet, hal ini bertujuan agas perbandingan antara gas nitro dan juga BBM seimbang alias tepat. Kenapa harus seimbang ? alasannya yaitu bila kita terlalu banyak memasukkan gas Nitrous Oxyde kedalam ruang bakar dibandingkan jumlah BBM akan membuat mesin kendaraan beroda empat tersebut jebol. Sedangkan bila adonan BBM terlalu banyak dibandingkan gas Nitrous Oxyde nya maka akan membuat tenaga yang dihasilkan tidak terbaik atau kurang efektif.

Baca juga : Kekurangan dan kelebihan memodifikasi kendaraan beroda empat dengan velg besar

Oh iya, khusus untuk pemasangan NOS di kendaraan beroda empat yang masih memakai karburator, anda harus menambahkan 2 piranti komplemen yaitu spray bar. Selain itu proses pengaplikasiannya juga dibagi lagi menjadi 2 bab yakni :

  1. Sistem direct point, sistem ini memakai susukan yang terpisah pada tiap tiap silinder guna menembakkan gas NOS dan juga BBM secara bersamaan.
  2. Sistem single point, dimana sistem ini memakai 1 susukan yang digunakan untuk mencampur gas Nitro dengan materi bakar.


Hukum Penggunaan NOS pada mesin mobil

Di beberapa negara besar penerapan teknologi ini yang diterapkan di kendaraan umum yang digunakan dijalanan umum hukumnya yaitu ILEGAL. Di beberapa negara lagi memperbolehkan memakai teknologi NOS pada kendaraan beroda empat pribadi dengan beberapa syarat, contohnya pengguna harus melaporkan juga kepada pihak asuransi kendaraan beroda empat bila melaksanakan pemasangan sistem NOS didalam mobilnya. Dan beberapa negara ada juga yang memperbolehkan penerapan teknologi ini dan menganggap hal ini biasa saja, sama halnya dengan penerapan tabung gas LPG untuk materi bakar mobil. Yah tiruana aturan tiap tiap negara tentu saja tidak sama beda tergantung dari kebijakan yang mereka putuskan.

Baca juga : Mengenal turbocharger dan nama komponennya

Nah hingga disini agar klarifikasi terkena teknologi NOS ini sanggup anda pahami. Untuk kurang lebihnya mohon maaf dan agar bermanfaa.


Belum ada Komentar untuk "Mengenal Nos Nitrous Oxyde Systems Dan Cara Kerja Nos"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel