Tips Mencegah Hidroplaning Pada Mobil

Teknik cegah hidroplaning - hidroplaning adalah suatu kondisi dimana roda atau ban kendaraan beroda empat tidak sanggup menapak secara tepat atau kehilangan traksinya terhadap aspal jalan akhir adanya lapisan air yang menggenangi permukaan aspal jalanan. Sehingga kendaraan beroda empat yang mengalami hidroplaning ini akan mengalami selip pada rodanya, baik itu bab depan saja, bab belakang saja atau bahkan keseluruhan roda kendaraan beroda empat bisa mengalami hidroplaning.

Disaat ekspresi dominan hujan ibarat ini biasanya rawan sekali kendaraan beroda empat mobil dijalan raya mengalami insiden ini,nah supaya anda terhindar dari hidroplaning ibarat ini maka ada beberapa hal yang harus kalian lakukan supaya dikala anda berkendara, kendaraan beroda empat tidak mengalami hidroplaning yang berujung pada sebuah kecelakaan yang fatal.

 hidroplaning adalah suatu kondisi dimana roda atau ban kendaraan beroda empat tidak sanggup menapak secara se Tips Mencegah Hidroplaning Pada Mobil

Teknik mencegah hidroplaning di jalan raya


1. Menghindari menggunakan ban gundul

Terkadang entah lupa, tidak pernah memperhatikan kondisi roda kendaraan beroda empat atau memang kantong lagi cekak sehingga tidak mengganti ban yang permukaannya sudah mulai halus alias gundul. Padahal ban gundul ibarat ini sangatlah rawan terjadi hidroplaning, lantaran ban sudah tidak lagi mempunyai alur atau kembang ban yang bermanfaa untuk memmembuang atau menyibakkan air yang berada dibawah roda. Untuk itu jikalau sudah memasuki ekspresi dominan penghujan, sebaiknya tidakboleh menggunakan ban yang sudah aus / gundul pada kendaraan beroda empat anda.

Baca juga : Mitos mengempiskan ban dikala hujan bisa menambah traksi

2. Jangan ngebut kurangi kecepatan

Tips supaya anda tidak terjebak hidroplaning dikala hujan datang yang membasahi seluruh aspal jalanan, sebaiknya anda mengurangi kecepatan anda, lantaran rata rata hidroplaning ini akan terjadi dan menyerang kendaraan yang dipacu dalam kecepatan tinggi diatas 80 km/jam ( kecuali anda menggunakan ban khusus ). Oleh lantaran itu jikalau kalian tidak mau terkena hidroplaning sebaiknya kurangi segera kecepatan kendaraan beroda empat anda dan mengemudilah secara pelan.

3. Hindari melewati genangan air

Semakin tebal lapisan air yang ada dijalan raya, maka resiko terjadinya hidroplaning pun semakin tinggi dan tidak perlu menunggu memacu kecepatan kendaraan beroda empat yang tinggi, dengan kecepatan rendah pun ban akan mengalami hidroplaning jikalau digunakan untuk melewati benangan air yang tinggi. Dan lantaran alasan ini pulalah sebaiknya anda hindari melewati jalanan yang tergenang air. Selain beresiko membuat ban kendaraan beroda empat terkena hidroplaning, kita juga tidak tahu apakah jalanan yang tergenang air tersebut dibawahnya ada jebakan batman ataukah tidak, contohnya ada lubang yang menganga dan dalam yang bisa menjadikan kendaraan beroda empat terperosok.

4. Jangan menggunakan fiturcruise control

Ketika kita berkendara di jalan bebas kendala alias jalan tol, menggunakan fitur cruise control tentu sangat bermanfaa untuk memmenolong mengistirahatkan kaki kita, lantaran cruise control ini memungkinkan kita berkendara dengan kecepatan yang stabil tanpa harus kita menginjak pedal gas. Namun bila ternyata pada dikala anda menggunakan fitur ini di jalan tol kemudian turun hujan, sebaiknya matikan saja dan berkendaralah secara manual tanpa cruise control, lantaran dengan berkendara secara normal anda bisa mencicipi bagaimana kondisi jalan yang ada serta membuat anda bisa mengontrol kendaraan dengan lebih baik.

5. Pakailah gigi rendah

Memakai gigi perseneling rendah sangat memmenolong roda kendaraan untuk memperoleh traksi yang terbaik terhadap aspal jalan. Ingat semakin kencang laju kendaraan maka semakin besar pula resiko terkena hidroplaning. melaluiataubersamaini menggunakan gigi perseneling rendah tentu akan membuat anda tidak akan menggeber kendaraan beroda empat dengan kencang bukan ?. Lalu bagaimana jikalau kita berkendara dijalan tol yang mengharuskan kita memacu kendaraan beroda empat dengan kencang ? Pakailah kecepatan batas bawah yang diijinkan di jalan tol tersebut.

Baca juga : Tips cara kondusif mengemudi di ekspresi dominan hujan

Nag itulah tadi beberapa tips supaya anda tidak terjebak hidroplaning yang kemungkinan besar menjadikan kecelakaan dijalan raya. Semoga bermanfaa.



Belum ada Komentar untuk "Tips Mencegah Hidroplaning Pada Mobil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel