Cara Blokir Pajak Kendaraan Yang Sudah Dijual

Teknik blokir pajak progresif - pembebanan pajak progresif memang dirasakan mahal alasannya pajak yang tiruanla sebesar sekian persen dinaikkan lagi sekian persen sesuai dengan urutan banyaknya kendaraan yang dimiliki. Makara semakin banyak kendaraan yang dimiliki, maka semakin tinggi pula kita dalam membayar setora pajak ke negara, hingga kesudahannya aneka macam orang yang melaksanakan tindakan curang untuk mengakali semoga tidak dikenai pajak progresif walaupun mempunyai banyak kendaraan dirumah.

Dan masih banyak pula masyarakat yang belum paham dengan yang namanya pajak progresif ini, terlebih ketika mereka menjual unit kendaraan ( tanpa pemblokiran ) untuk nantinya uang hasil penjualan akan dibelikan unit kendaraan lain yang lebih gres sesuai dengan keinginan, mereka kaget alasannya biaya pajak kendaraan tersebut lebih mahal. Ya, itulah pajak progresif.

 pembebanan pajak progresif memang dirasakan mahal alasannya pajak yang tiruanla sebesar sekian Teknik Blokir Pajak Kendaraan Yang Sudah Dijual


Meskipun kendaraan sudah berpindah tangan, alias tidak lagi kalian miliki, bila tidak dilakukan balik nama, alias nama yang ada di STNK dan BPKB masih memakai nama anda, artinya unit tersebut masih dianggap milik kalian, dan kalian lah yang harus bertanggung tanggapan membayar pajaknya.

Nah semoga tidak terjadi yang demikian maka ketika kendaraan yang kalian jual sudah laku, segera lakukan balik nama kepemilikan atau orang biasanya menyebut blokir pajak progresif. Untuk melakukannya anda sanggup menhadiri kantor Samsat dimana kendaraan tersebut tercatat. Misalnya unit kendaraan kalian tercatat di Samsat Blitar, maka lakukan pengurusannya di Samsat blitar, disana nanti anda tinggal mengisi form pemblokiran / pencabutan kendaraan. Dan untuk membuat laporan wacana penjualan unit kendaraan ini gratis alias tidak dipungut biaya. Yang perlu kalian lakukan spesialuntuklah mengisi data penjualan di formulis yang sudah disediakan oleh pihak Samsat.

Nah dengan begitu secara tidak eksklusif anda akan memaksa si pembeli kendaraan untuk melaksanakan pengurusan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atau BBN-KB, sehingga nantinya kalau si pembeli ini mau memperpanjang STNK / mengurus pajak tidak perlu lagi meminjam KTP kalian.

Dasar dari penentuan pajak progresif ini ialah didasarkan atas nama dan juga domisili, atau paling minim diadaptasi dengan data yang ada didalam daftar susunan keluarga atau KK. Dan diberikut yaitu syarat dan cara melaporkan unut kendaraan yang sudah dijual.

Syarat pemblokiran pajak progresif



  • Siapkan identitas diri ( KTP / SIM tidakboleh lupa difotocopy )
  • Siapkan foto copy kartu keluarga atau KK, tidakboleh lupa bawa orisinil sekalian buat jaga jaga )
  • Data unit kendaraan yang sudah dijual ( Bisa dengan bawa foto copy STNK nya )
  • Salinan pembayaran pajak terakhir
  • Surat kuasa bermaterai 6000 serta foto copy KTP akseptor kuasa
  • Surat keterangan dari RT/RW bila terdapat nama yang sama ( khusus untuk identitas nama yang pamasukan :D )


Sesudah membawa tiruana berkas yang dibutuhkan diatas, silahkan anda hadir ke kantor Samsat dan menuju ke loket pengecekan pajak progresif. Dari sini nanti anda akan dipandu oleh petugas yang ketika itu sedang bertugas, pastikan anda tidak ragu dan aib untuk bertanya.

Untuk goresan pena kami yang lain terkena perpajakan kendaraan silahkan baca melalui daftar dibawah ini :




Semoga bermanfaa dan salam otomotif.


Belum ada Komentar untuk "Cara Blokir Pajak Kendaraan Yang Sudah Dijual"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel