Penyebab Rantai Motor Kenceng Kendur Dan Mengatasinya

Rantai motor kenceng kendur - rantai motor yaitu salah satu komponen yang ada pada sebuah kendaraan bermotor roda dua dengan fungsi yang sangat vital, yakni mentransferkan tenaga putar dari mesin ke roda belakang sehingga motor pun sanggup digeber dengan se lezat udel kita. Namun perlu diwaspadai alasannya rantai motor ini sewaktu waktu sanggup bermasalah seiring penerapannya.

Beberapa duduk masalah yang biasa terjadi pada rantai motor selain rawan putus ketika kondisinya sudah mulai aus, duduk masalah lain yang seringkali dialami oleh para pengguna sepeda motor yaitu ketika motor dijalankan, rantai akan kenceng dan kendur sendiri. Bahkan beberapa masalah roda belakang motor susah sekali diputar. Hal ini tentu saja akan menghambat performa mesin motor, tenaga dari mesin menjadi tidak sanggup tersalurkan secara terbaik ke roda belakang.

 rantai motor yaitu salah satu komponen yang ada pada sebuah kendaraan bermotor roda dua  Penyebab Rantai Motor Kenceng Kendur Dan Mengatasinya


Lalu apa sih yang menjadikan rantai motor kendur kenceng sendiri ?


Untuk penyebabnya banyak sekali, sanggup dikarenakan kesalahan perawatan hingga dengan pemiliha rantai motor yang kurang anggun ( biasanya brand rantai motor aftermarket / bukan ori ). Jika pembaca ketika ini sedang mengalami insiden rantai motor sanggup kenceng dan kendur sendiri, coba di ingat ingat apakah pembaca senantiasa rutin melaksanakan perawatan pada kepingan rantai, ibarat rajin menyemprotkan pelumas rantai seabis mencuci / menerjang banjir dan hujan ? Ataukah pembaca pernah memakai rantai bukan orisinil alias aftermarket yang kualitasnya masih harus dipertanyakan ?

1. Pemeriksaan kekencangan rantai motor

 rantai motor yaitu salah satu komponen yang ada pada sebuah kendaraan bermotor roda dua  Penyebab Rantai Motor Kenceng Kendur Dan Mengatasinya
Ketentuan jarak bebas rantai kendaraan


Pada umumnya rantai motor memang dihentikan disetel terlalu kencang atau terlalu kendur, terlalu kencang sanggup menjadikan rantai motor putus dan berakibat pada kecelakaan, dan terlalu kendur juga sanggup menjadikan rantai lepas dari gear dan hasilnya juga kecelakaan. Maka dari itu penyetelan rantai motor yang ideal jarak bebas rantai terbaik yaitu 2 hingga 3 cm atau 20 hingga 30mm. Kurang dari itu silahkan dikendur kan, dan kalau lebih dari itu silahkan dikencangkan kembali.

2. Pemeriksaan pada rantai motor

 rantai motor yaitu salah satu komponen yang ada pada sebuah kendaraan bermotor roda dua  Penyebab Rantai Motor Kenceng Kendur Dan Mengatasinya
Rantai motor kaku akhir kurang perawatan


Lakukan pengecekan terhadap rantai motor, apakah ada kepingan rantai yang kaku, tidak sanggup digerakkan ataukah tidak. Jika diketemukan, sanggup jadi penyebabnya yaitu rantai yang kaku tersebut, hal ini biasanya dikarenakan kualitas rantai yang tidak anggun atau memakai rantai bukan orisinil yang simpel sekali karatan dan macet. Silahkan lakukan penggantian rantai motor yang macet tadi untuk mengatasi rantai motor yang kencang dan kendur sendiri. Perlu diingat bahwa untuk rantai motor aftermarket ada yang dibentuk dari materi berkarakter bagus, ada juga yang dibentuk dari materi berkarakter buruk, kalau anda menentukan beli rantai aftermarket pastikan pilih rantai motor yang berkarakter bagus.

Baca juga : Ini alasan tidakboleh lumasi rantai dengan oli bekas

3. Periksa rear wheel damper

 rantai motor yaitu salah satu komponen yang ada pada sebuah kendaraan bermotor roda dua  Penyebab Rantai Motor Kenceng Kendur Dan Mengatasinya
Rear wheel damper / karet peredam


Namun kalau anda sudah menyetel rantai dengan jarak bebas demikian, namun ketika ban diputar kemudian kekencangannya menjelma lebih kencang hingga ban tidak sanggup terputar, atau malah semakin mengendur, cek apakah ada oblak di kepingan poros roda kepingan belakang. Jika iya coba lakukan pembongkaran dan periksa kepingan karet peredamnya, bila sudah aus silahkan ganti dengan yang baru. Karet peredam ini berfungsi untuk meredam hentakan ketika motor berakselerasi, bila hingga aus sanggup mensugesti usia rantai bahkan rantai sanggup kencang dan kendor sendiri akhir oblak.

Baca juga : Waspada rantai motor putus sanggup mengancam keselamatan anda

Nah itulah tadi beberapa penyebab kenapa rantai motor sanggup kenceng dan kendur sendiri, supaya bermanfaa dan silahkan dimenolong share kawan. Salam otomotif.


Belum ada Komentar untuk "Penyebab Rantai Motor Kenceng Kendur Dan Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel