Perbedaan Ngelitik Di Mesin Bensin Dan Diesel

Perbedaan knocking di mesin bensin dan diesel - mesin yang ngelitik atau dalam bahasa metode disebut dengan istilah knocking akan membuat komponen didalam ruang mesin menjadi rentan mengalami kerusakan, terutama pada pecahan komponen diruang bakar menyerupai piston, ring piston, serta dinding silinder atau cylinder liner yang cacat.

Dan penyebab mesin ngelitik ini antara kendaraan beroda empat bermesin bensin dan kendaraan beroda empat bermesin diesel tidaklah sama bila dilihat dari materi bakar yang dipakai serta proses terjadinya knocking ini. Nah untuk lebih jelasnya silahkan anda simak dengan baik dibawah ini.

Perbedaan knocking di mesin bensin dan diesel Perbedaan Ngelitik Di Mesin Bensin Dan Diesel


1. Knocking pada mesin bensin

Penyebab terjadinya knocking pada mesin bensin ini biasa terjadi alasannya penerapan materi bakar yang mempunyai nilai oktan rendah, dimana semakin rendah nilai oktan maka materi bakar bensin ini semakin praktis sekali terbakar. Saat terjadi langkah kompresi pada kendaraan bermesin bensin, maka suhu didalam ruang bakar akan menjadi gerah, dan alasannya materi bakar yang dipakai mempunyai angka oktan yang rendah, materi bakar tersebut terlebih lampau terbakar dengan sendirinya tanpa menolongan percikan api dari busi ( pembakaran prematur ), sehingga terjadilah ledakan tenaga dimana langkah piston masih belum menyentuh titik mati atas atau TMA dan busi belum menyala. terlalu cepat proses pembakaran inilah yang menimbulkan knocking pada mesin bensin. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar diberikut.

Perbedaan knocking di mesin bensin dan diesel Perbedaan Ngelitik Di Mesin Bensin Dan Diesel


Baca juga : Mengenal apa itu angka oktan pada bensin

Nah semoga tidak terjadi knocking pada kendaraan bermesin bensin ini usahakan anda menggunakan materi bakar yang mempunyai nilai oktan tinggi atau materi bakar dengan nilai oktan yang dimasukankan oleh manufaktur kendaraan beroda empat yang anda gunakan. Ingat, semakin tinggi nilai oktan materi bakar bensin, maka semakin susah materi bakar tersebut untuk terbakar sendiri sehingga materi bakar ber oktan tinggi ini anggun dipakai dan mesin pun terhindar dari yang namanya knocking.


2. Knocking pada mesin diesel

Nah untuk penyebab knocking pada mesin diesel ini kebalikan dari yang terjadi pada mesin bensin. Jika pada mesin bensin penerapan materi bakar dengan nilai oktan yang terlalu rendah, maka pada kendaraan beroda empat bermesin diesel ini terjadinya knocking diakibatkan alasannya penerapan materi bakar solar dengan angka cetgua yang terlalu rendah, dimana semakin rendah angka cetgua pada materi bakar solar, maka semakin susah materi bakar tersebut untuk terbakar dengan sendirinya. Begitupun dengan nilai cetgua pada solar yang semakin tinggi akan semakin anggun untuk dipakai di mesin diesel, hal ini dikarenakan materi bakar tersebut akan lebih praktis terbakar didalam ruang mesin.

Baca juga : Mengenal apa itu angka cetgua pada solar

Perlu anda ketahui bahwa cara kerja mesin diesel ini tidak sama dengan cara kerja mesin bensin, jikalau pada mesin bensin diharapkan sebuah busi sebagai pemantik nyala api, pada sistem pembakaran di mesin diesel spesialuntuk mengandalkan kompresi mesin yang tinggi, dimana kompresi mesin yang tinggi ini akan membuat ruang bakar menjadi gerah dan secara otomatis materi bakar akan terbakar dengan sendirinya.

Proses knocking pada mesin diesel ini dimulai saat terjadi langkah kompresi pada piston sampai piston menyentuh titik mati atas atau TMA, namun materi bakar solar tersebut tidak kunjung terbakar alasannya mempunyai angka cetgua yang rendah. Terlambatnya proses pembakaran pada mesin diesel inilah yang mengakibatkan mesin mengalami knocking. Nah semoga kendaraan beroda empat bermesin diesel yang anda alami tidak mengalami knocking, sebaiknya gunakan materi bakar yang mempunyai nilai cetgua tinggi.



Kesimpulan dari perbedaan knocking yang terjadi pada mesin bensin dan diesel

#Mesin bensin
Penggunaan materi bakar dengan angka oktan rendah, bahan bakar praktis terbakar = knocking

#Mesin diesel
Penggunaan materi bakar dengan angka cetgua rendah, bahan bakar susah untuk terbakar = knocking


Baca juga : INI penyebab kenapa kendaraan beroda empat mesin diesel lebih mahal

Nah itulah tadi penyebab knocking pada kendaraan bermesin bensin dan diesel. Pastikan anda spesialuntuk menggunakan materi bakar yang dimasukankan untuk memelihara kondisi mesin kendaraan beroda empat semoga kekal dan bebas ngelitik. Semoga bermanfaa dan silahkan dibagikan artikelnya.



Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Ngelitik Di Mesin Bensin Dan Diesel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel