Cara Ganti Minyak Rem Kendaraan Beroda Empat Sendiri

Ganti minyak rem kendaraan beroda empat sendiri - minyak rem yaitu salah satu pecahan penting yang berfungsi untuk memmenolong sistem pengereman, bila minyak rem kendaraan beroda empat hingga berkurang atau masuk angin, maka kinerja pengereman pun menjadi jelek menyerupai rem tidak makan atau rem blong sehingga kita harus melaksanakan perawatan pada sistem pengereman biar kita terhindar dari ancaman yang demikian.

Untuk melaksanakan penggantian minyak rem ini biasanya dilakukan setiap kendaraan menempuh jarak sejauh 80.000km dan melaksanakan pengecekan enteng ketika kendaraan sudah mencapai jarak tempuh sejauh 40.000 km. Anda sanggup mengganti minyak rem ini di bengkel resmi dikala kalian melaksanakan servis rutin atau berkala, atau sanggup juga kalian lakukan sendiri dirumah bila bengkel resmi jauh dari lokasi anda dan anda penamasukan ingin sanggup melaksanakan penggantian minyak rem sendiri. Adapun langkah dan cara mengganti minyak rem sendiri yaitu menyerupai yang terurai dibawah ini.

 minyak rem yaitu salah satu pecahan penting yang berfungsi untuk memmenolong sistem pengerem Teknik Ganti Minyak Rem Mobil Sendiri

Teknik mengganti minyak rem sendiri dirumah



#Persiapan mengganti minyak rem kendaraan beroda empat sendiri


1. Peralatan yang dibutuhkan

Ada beberapa persiapan yang harus anda lakukan sebelum melaksanakan penggantian minyak rem mobil. Yang pertama yaitu peralatan atau kunci kunci yang diharapkan mencakup kunci pas ring ukuran 8 atau 10 diadaptasi dengan ukuran kepala nipel minyak rem. Kemudian siapkan juga selang air kecil yang biasa digunakan oleh pekerja bangunan sepanjang 60 hingga 80 cm, serta botol kosong yang nantinya digunakan untuk menampung minyak rem bekas biar tidak tercecer kemana mana. Pastikan juga anda menyiapkan minyak rem baru. Silahkan dimodifikasi sesuai dengan gambar diatas.

2. Jumlah menpower

Untuk hasil yang lebih cepat dan terbaik setidaknya anda membutuhkan 3 orang untuk melaksanakan penggantian minyak rem. Kita sebut saja dengan sebutan teknisi, teknisi 1 bertugas untuk menjaga fluida minyak rem yang ada pada reservoir / tangki minyak biar tetap dalam keadaan max. Selanjutnya teknisi 2 yang bertugas stanby di kawasan duduk pengemudi dan menunggu aba aba dari teknisi ketiga untuk memompa pedal rem. Dan yang terakhir yaitu teknisi ketiga, yang bertugas untuk mempersembahkan perintah ke teknisi kedua untuk melaksanakan gerakan memompa pedal rem, sedangkan ia sendiri melaksanakan pekerjaan membuka dan menutup nipel minyak rem.

 minyak rem yaitu salah satu pecahan penting yang berfungsi untuk memmenolong sistem pengerem Teknik Ganti Minyak Rem Mobil Sendiri


#Proses mengganti minyak rem sendiri dirumah

Kita asumsikan bahwa anda sudah mendongkrak kendaraan beroda empat dan mencopot seluruh ban, bila tidak ada peralatan mendongkrak dan membongkar, terpaksa yang bertugas sebagai teknisi ketiga harus delosoran masuk kekolong untuk membongkar dan menutup baut nipel.

1. Tahap pertama

Sesudah tiruana siap pada posisi masing masing, teknisi ketiga menancapkan ujung selang ke ujung baut nipel serta membukanya,tidakboleh lupa mempersembahkan aba aba kepada teknisi kedua untuk memompa pedal rem, selanjutnya si teknisi kedua harus melaksanakan gerakan memompa pedal rem dengan halus. Teknisi ketiga yang delosoran di kolong wajib memperhatikan warna minyak rem yang mengalir melalui selang, bila warnanya sudah berubah dari keruh menjadi membersihkan pertanda bahwa minyak rem usang sudah berganti dengan yang baru, bila iya silahkan perintahkan teknisi kedua untuk STOP memompa pedal rem dan silahkan tutup baut nipel. Ulangi langkah ini pada ke empat roda.

Untuk posisi rodanya silahkan dimulai dari yang paling jauh yakni roda belakang kiri, kemudian belakang kanan, dilanjutkan ke roda depan kiri dan yang terakhir yaitu roda depan kanan. Dan dikala melaksanakan flushing ini mesin kendaraan beroda empat harus dinyalakan biar booster sanggup bekerja dan memmenolong penitikberatan pedal rem.

2. Tahap kedua

Untuk tahap kedua ini yaitu memastikan bahwa tidak ada udara yang terjebak didalam susukan selang minyak rem ( opsional bila spesialuntuk mengganti, dan wajib bila menguras ), caranya hampir menyerupai dengan tahap pertama, teknisi ketiga mempersembahkan aba aba kepada teknisi pertama untuk memompa pedal rem namun posisi nipel tetap dalam keadaan tertutup, dalam hitungan 15 detik diberikan aba aba kepada teknisi kedua untuk STOP dan menahan injakan kakinya pada pedal rem, sementara anda membuka nipel dan menutup kembali dengan cepat. Lakukan langkah ini pada tiruana roda dimulai dari posisi yang terjauh menyerupai diatas.

Sesudah proses mengganti minyak rem selesai, tidakboleh lupa untuk menyidik ketinggian pedal rem dengan cara menginjaknya, apakah terjadi loss / gembos ataukah tidak. Biasanya bila terjadi loss, ada kemungkinan si teknisi pertama yang bertugas mengisi fluida minyak rem melaksanakan kesalahan terlambat menambahkan minyak rem.

Baca juga : Ketahui penyebab rem kendaraan beroda empat kurang pakem

Nah begitulah cara melaksanakan ganti minyak rem kendaraan beroda empat sendiri dirumah. Pastikan setelah anda melaksanakan penggantian minyak rem sendiri dirumah untuk mencobanya dengan menjalankan kendaraan beroda empat dan mengeremnya guna mengetes kepakeman pedal rem kendaraan beroda empat kalian. Semoga bermanfaa dan silahkan dipraktekkan dirumah.


Belum ada Komentar untuk "Cara Ganti Minyak Rem Kendaraan Beroda Empat Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel