Fungsi Sensor Maf Mass Air Flow Mobil

Fungsi sensor MAF mass air flow - mungkin bagi pemilik kendaraan type EFI pernah mendengar istilah MAF, mesin mbrebet mungkin MAF nya perlu dimembersihkankan, apa itu MAF sensor, atau bagaimana cara merawat sensor MAF pada kendaraan beroda empat EFI supaya performa mesin optimal. Nah kemudian apa sih bersama-sama yang dimaksud dengan sensor MAF ini ?

Nah mengingat banyaknya pengguna awam yang tidak mengetahui apa itu sensor MAF, fungsi sensor MAF pada mesin mobil, pada peluang kali ini kami akan mencoba mempersembahkan klarifikasi secara singkat terkena apa itu sensor MAF beserta fungsi utama sensor Mass Air Flow ( MAF ) ini.

 mungkin bagi pemilik kendaraan type EFI pernah mendengar istilah MAF Fungsi Sensor MAF MAss Air Flow Mobil

Pengertian dan fungsi sensor MAF

Sensor Mass Air Flow ini ialah sebuah sensor yang dipasang pada susukan yang menuju kedalam ruang bakar, biasanya dipasang bersahabat dengan ruang saenteng udara, sensor ini berfungsi untuk menganalisa seberapa besar udara yang masuk kedalam ruang kabar mesin sehingga nantinya ECU atau ECM kendaraan beroda empat sanggup melaksanakan analisa dan menakar seberapa banyak materi bakar yang akan dicampurkan sehingga memperoleh pembakaran yang tepat dan juga menghemat pemakaian materi bakar.

Baca juga : Mobil anda mbrebet ? Mungkin MAF perlu dimembersihkankan

Teknik kerja MAF sensor ( Mass Air Flow )

Untuk cara kerja sensor ini bersama-sama sangat sederhana, yakni dengan memanfaatkan elemen dioda pemanas yang terpasang diujung sensor MAF, yang tertancap di susukan udara menuju intake / throttle body. Elemen pemanas ini nantinya disandingkan dengan elemen pengukur suhu gerah yang nantinya elemen pengukur suhu ini akan melaksanakan pengukuran seberapa gerah suhu yang ada disekitarnya dan menjaganya supaya tetap konstan.

Proses alur kerja dari sensor MAF ini ialah dengan memanaskan elemen pemanas menggunakan anutan listrik, disaat mesin kendaraan beroda empat dalam keadaan idle, maka anutan udara yang melewati sensor ini jumlahnya sedikit sehingga untuk menjaga suhu tetap konstan maka dibutuhkan sedikit sekali arus yang masuk kedalam elemen pemanas. Begitu kita menginjak pedal gas, maka otomatis katub throttle body akan terbuka lebar yang membuat sehingga banyak urada yang akan melewati sensor MAF ini. melaluiataubersamaini banyaknya udara yang lewat, tentu akan membuat elemen pemanas ini menjadi lebih dingin, dan supaya elemen pemanas ini tetap pada suhu gerahnya maka dibutuhkan lebih banyak arus listrik yang masuk kedalam elemen dimana jumlah arus listrik yang masuk kedalam MAF berbanding lurus dengan banyaknya jumlah udara yang melewatinya.

Selanjutnya sebuah chip khusus yang ditempatkan didalam sensor anutan udara ini mempunyai fungsi untuk melaksanakan konversi volume udara yang mengalir dan dijadikan sinyal khusus yang selanjutnya akan dikirimkan ke ECU mobil. Dan ECU atau ECM kendaraan beroda empat akan menggunakan gosip sinyal ini guna menakar seberapa banyak materi bakar yang nantinya akan di injeksikan kedalam ruang bakar sehingga rasio antara materi bakar dan juga udara tetap ideal / proporsional. melaluiataubersamaini idealnya rasio materi bakar dan juga udara yang dibakar membuat pembakaran lebih sempurna, balasannya ialah emisi dari gas membuang menjadi lebih rendah, performa mesin menjadi terbaik dan juga materi bakar menjadi lebih hemat.

Di beberapa kendaraan beroda empat matic biasanya sensor MAF ini juga mempunyai fungsi lain yakni untuk memilih posisi perpindahan gigi otomatis, dan jikalau MAF sensor mengalami kegagalan kinerja sanggup menjadikan pengoperan tuas gigi otomatis kendaraan beroda empat matic tidak sanggup berjalan dengan semestinya.

. Hal ini diharapkan untuk menjaga emisi gas membuang yang rendah tanpa mengorbankan power atau perfoma mesin. Pada kendaraan beroda empat transmisi otomatis, sinyal MAF sensor juga dipakai untuk memilih perpindahan gigi. Ketika MAF sensor tidak bekerja dengan baik, perpindahan gigi tidak akan berjalan dengan normal.

Baca juga : Teknik pasang aki pribadi ke kendaraan beroda empat tanpa di cas doloe

Oleh sebab fungsinya yang sangat penting ini anda pun perlu merawat sensor sensor yang ada pada kendaraan beroda empat ini dengan baik. Tekniknya cukup lakukan pemmembersihkanan secara berkala, jikalau anda tidak mengetahui cara memmembersihkankannya biasanya dalam paket perawatan berkala, item pemmembersihkanan MAF sudah ada didalam paket tersebut, atau bila ternyata tidak ada anda sanggup meminta Service Advisor untuk melaksanakan pengecekan.


Belum ada Komentar untuk "Fungsi Sensor Maf Mass Air Flow Mobil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel