Bahaya Terlalu Banyak Mengisi Air Aki

Bahaya isi air aki kebanyakan - pada sebuah aki basah, keberadaan air aki sangatlah penting sekali, lantaran tanpa adanya cairan elektrolit didalamnya, kemampuan aki dalam menyimpan energi listrik menjadi berkurang atau tidak bisa sama sekal. Maka dari itu sebaiknya kita sebagai pemilik kendaraan beroda empat wajib menilik ketinggian air aki mobil, setidaknya setiap satu bulan sekali anda melaksanakan investigasi ketinggian air didalam aki, kalau ketinggiannya menurun atau berkurang dibawah garis, maka sesegera mungkin anda lakukan penambahan.

Dan untuk menambah air aki ini dihentikan terlalu banyak, cukup anda menambahkan hingga batas terbaik yang biasanya terdapat pada body aki lantaran terlalu banyak memasukkan air aki ini juga sanggup berdampak jelek bagi kesehatan aki mobil. Dan beberapa hal dibawah ini yang akan terjadi kalau kalian memaksakan mengisi air aki terlalu banyak.

 keberadaan air aki sangatlah penting sekali Bahaya Terlalu Banyak Mengisi Air Aki



Air aki akan meluber

Didalam proses kerja aki, dikala sebuah aki dialiri arus listrik dari alternator, maka didalamnya akan terjadi reaksi kimia dimana nantinya akan menghasilkan uap air dan juga sedikit gelembung. Jika ternyata air aki ini terlalu penuh, bisa dipastikan air yang ada didalamnya akan keluar dan membasahi baik itu kutub aki maupun komponen lain yang ada didalam ruang mesin. Ingat bahwa air aki ini bersifat asam yang bisa mengakibatkan timbulnya karat secara impulsif dan mengikis body mobil.

Timbulnya kerak aki atau jamur aki

Menyambung dari poin nomor satu diatas kalau hingga air aki ini meluber dan terkena kepingan kutub aki, besi pengunci aki ataupun body mobil, selain mengakibatkan karat, kondisi yang lembab ini akan megampangkan jamur tumbuh rindang di area tersebut. Maka dari itu sebaiknya jaga selalu ketinggian air aki, dan pastikan setelah mengisi air aki sisa sisa cairan yang tercecet untuk segera di lap.

Rusaknya komponen penting disekitar aki

Selain mengakibatkan karatan kalau air aki ini hingga tumpah dan meluber dimana mana, mengisi air aki yang terlalu berlebih ini kalau meluber juga akan berdampak fatal terhadap komponen lain yang ada disekitar aki, baik itu dibagian sisi samping ataupun dibagian bawah, terutama kepingan sensor sensor. Beberapa masalah pada kendaraan beroda empat nissan yang mempunyai sensor matic sempurna dibagian bawahnya, kalau terkena tumpahan aki brakibat kendaraan beroda empat tidak bisa jalan akhir rusaknya sensor, masalah ini pernah kami bahas pada goresan pena sebelumnya di : Nissan grand livina isi aki berlebihan sensor matic rusak

Memperpedek umur aki mobil

Dan hal yang paling membahayakan kalau mengisi air aki terlalu banyak bahkan hingga luber yaitu umur pakai aki menjadi pendek disebabkan lantaran kinerja aki menjadi terganggu akhir kesalahan perawatan menyerupai ini. Dan pastinya kalau umur aki menjadi pendek, anda harus menggantinya dengan aki kendaraan beroda empat yang baru.

Baca juga : Berbagai kerusakan yang sering menyerang aki mobil

Setiap komponen vital yang ada pada kendaraan tentu mempunyai cara perawatan serta ketentuannya masing masing, kita dihentikan hingga melaksanakan kesalahan yang mungkin terlihat sangat sepele, namun bisa berakibat fatal. Semoga bermanfaa.


Belum ada Komentar untuk "Bahaya Terlalu Banyak Mengisi Air Aki"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel