Keuntungan Memasang Relay Pada Sistem Kelistrikan Mobil

Manfaat memasang relay pada mobil - relay ialah ialah sebuah komponen kelistrikan yang biasanya sering kali ditemukan pada rangkaian kelistrikan kendaraan beroda empat yang berfungsi untuk memutuskan dan menyambungkan arus listrik dari baterai pribadi menuju ke beban menurut sifat kemagnetan.

Macam Macam relay

Didalam kelistrikan kendaraan beroda empat kita setidaknya mengenal dua macam relay, yang pertama yakni relay type resistor dan yang kedua ialah relay type elektromagnetik. Dari keduanya, relai type elektromagnetik ini yakni type relay yang paling banyak dipakai dalam sebuah rangkaian kelistrikan mobil. Dan pada peluang kali ini kita akan serius mengulas relay kendaraan beroda empat yang type elektromagnetik saja.

 relay ialah ialah sebuah komponen kelistrikan yang biasanya sering kali ditemukan pad Keuntungan Memasang Relay Pada Sistem Kelistrikan Mobil

Untuk relay jenis elektromagnetik ini juga mempunyai banyak type lagi yang diantaranya yakni relai 3 kutub, relai 4 kutub normal open, relay 4 kutub normal closed, switch relay model engsel dan lain sejenisnya.

Teknik kerja relay

Didalam sebuah rangkaian relay biasanya terdapat terminal terminal relay menyerupai terminal 85, 86, 87 dan 30. Untuk prinsip kerja relay type normal open, jikalau terdapat arus yang dialirkan melalui terminal 86 ke kumparan dan juga ke massa melalui terminal 85, maka secara otomatis didalam kumparan tadi akan terjadi kemagnetan yang selanjutnya akan menarikdanunik pluyer / kontaktor, sehingga akhirnya yakni arus yang dari terminal 30 akan sanggup mengalir ke terminal 87. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat citra dibawah ini :

 relay ialah ialah sebuah komponen kelistrikan yang biasanya sering kali ditemukan pad Keuntungan Memasang Relay Pada Sistem Kelistrikan Mobil


#Fungsi dan manfaat memasang relay di mobil

Pemasangan relay pada instrumen kelistrikan kendaraan beroda empat biasanya dipasangkan pada rangkaian sistem kelistrikan kendaraan beroda empat yang membutuhkan arus besar menyerupai headlamp, horn / klakson, sistem AC, sistem radiator dan lain sejenisnya. melaluiataubersamaini memasangkan relay pada sistem kelistrikan kendaraan beroda empat tentu saja mempunyai berbagai manfaat atau laba yang sanggup kalian peroleh, yang diantaranya yakni sebagai diberikut ini :

1. Memperpanjang usia saklar / sebagai saklar otomatis

melaluiataubersamaini mengaplikasikan relay pada sistem kelistrikan yang membutuhkan arus besar, maka arus listrik tidak akan melewati saklar lagi alasannya yakni setelah dipasang relay, fungsi saklar spesialuntuklah sebagai pembangkit induksi magnet didalam relay, sedangkan arus nya akan pribadi dialirkan dari baterai ke beban ( lampu, horn, kompressor AC dll ). melaluiataubersamaini demikian terjadinya bunga api didalam saklar / switch dikala kita menyalakan sistem kelistrikan sanggup diminimalkan sekecil mungkin atau bahkan tidak terjadi percikan bunga api. Nah alasannya yakni itu saklar lampu lampu tidak akan praktis rusak.

2. Mengurangi kendala arus / menaikkan arus

melaluiataubersamaini ditambahnya relay pada sistem kelistrikan akan membuat daya yang berasal dari baterai akan pribadi diterima beban menyerupai lampu mobil, klakson dan lain sebagainya tanpa harus melalui saklar lagi, melaluiataubersamaini demikian sanggup kita simpulkan penambahan relay ini sanggup memperpendek sirkuit / rangkaian sehingga membuat arus listrik tidak berkurang / melemah. melaluiataubersamaini begitu nyala lampu akan menjadi lebih terang dan juga jikalau diaplikasikan kedalam rangkaian klakson, bunyi klakson akan lebih nyaring.

3. Pengaman rangkaian kelistrikan

Sama halnya dengan fuse atau sekring, relay yang dipasang didalam sistem rangkaian kelistrikan kendaraan beroda empat juga mempunyai fungsi layaknya fuse yakni sebagai pengaman sirkuit dari arus pendek.

Untuk mengenal dan mengetahui fungsi relay secara lengkap baca goresan pena kami yang lain di :

Baca : Fungsi relay didalam sistem rangkaian kelistrikan kendaraan

Nah bila pada rangkaian kelistrikan didalam kendaraan beroda empat anda menyerupai pada headlamp ataupun klakson belum dipasangkan relay, anda sanggup mencoba memasangkan relay pada rangkaian tersebut dan rasakan perbedaannya. Semoga bermanfaa.



Belum ada Komentar untuk "Keuntungan Memasang Relay Pada Sistem Kelistrikan Mobil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel