Mengenal Sistem Kelistrikan Sepeda Motor

Sistem kelistrikan pada sepeda motor - mungkin anda pernah mengalami persoalan bohlam lampu sepda motor anda sering kali putus dan harus menggantinya dengan bohlam yang baru, dengan kejadian berulang dalam tenggat waktu yang singkat ? biasanya penyebab kenapa bohlam lampu sepeda motor tersebut cepat mengalami kerusakan ialah lantaran adanya persoalan pada sistem kelistrikan motor sehingga bisa terjadi hal yang demikian.

Nah untuk mengetahui persoalan mana saja yang menimbulkan bohlam lampu motor sering mengalami putus anda juga harus tahu dengan sistem kelistrikan yang ada pada sepeda motor biar bisa melaksanakan tindakan pencegahan biar bohlam motor ini sering putus yang dikarenakan bohlam tersebut mendapatkan tegangan listrik yang terlalu tinggi sehingga filamen lampu eksklusif rusak. Tingginya tegangan listrik yang dihasilkan oleh generator / spull ini selain merusak bohlam juga bisa membuat umur aki menjadi pendek lantaran aki mengalami yang namanya overcgarger.

 mungkin anda pernah mengalami persoalan bohlam lampu sepda motor anda sering kali putus dan Mengenal Sistem Kelistrikan Sepeda Motor

Mengenal Sistem kelistrikan sepeda motor


Bagi kalian yang masih sedikit awam terkena sistem kelistrikan yang ada pada sepeda motor, kami akan sedikit membuktikan secara singkat kepingan sistem kelistrikan yang ada pada sepeda motor sebagai materi pengetahuan kalian.

1. Sepul / generator

Generator atau yang sering dikenal oleh masyarakat awam dengan istilah spull ialah sebuah komponen atau perangkat yang berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik dari hasil mengubah energi gerak / mekanik menjadi energi listrik melalui induksi kumparan coil dan magnet. Energi listrik yang dihasilkan oleh spull ini ialah arus bolak balik atau AC yang harus di ubah menjadi arus DC atau searah yang selanjutnya digunakan untuk mengisi AKI motor dan juga menyalakan perangkat elektronik motor lainnya ibarat lampu lampu,CDI, pengapian busi dan lain sebagainya. Untuk mengubah arus AC spull menjadi DC ini diharapkan sebuah komponen regulator yang biasa disebut dengan istilah kiprok oleh para pengguna motor.


 mungkin anda pernah mengalami persoalan bohlam lampu sepda motor anda sering kali putus dan Mengenal Sistem Kelistrikan Sepeda Motor

melaluiataubersamaini demikian keberadaan generator atau spull ini pada sebuah kendaraan bermotor sangatlah penting. Oleh alasannya itu anda harus selalu rajin dan rutin melaksanakan perawatan pada komponen generator atau spull ini biar awet. Salah satu cara menjaga biar spull motor ini abadi ialah dengan rajin melaksanakan penggantian oli mesin, atau tidakboleh terlalu memaksakan mesin motor untuk digunakan terus menerus tanpa istirahat meskipun motor kalian diklaim berpengaruh untuk touring jarak jauh. Oli yang sudah jelek viskositasnya akan menimbulkan gerah mesin menjadi lebih cepat dan hal ini tentu akan mensugesti spull motor menjadi terlalu gerah dan pada kesannya akan terbakar / hangus.

2. Kiprok / regulator

Sistem kelistrikan yang ada pada sepeda motor selain spull ialah kiprok atau dalam bahasa metode nya ialah regulator. Bentuk dari komponen ini tidak mengecewakan simpel ibarat gambar dibawah ini yang mempunyai fungsi utama untuk mengubah arus bolak balik yang dihasilkan oleh spull menjadi arus searah, yang selanjutnya arus yang sudah diubah ini akan digunakan untuk mencharger AKI motor dan menyalurkannya untuk menyuplai kebutuhan listrik ibarat menyalakan lampu motor, menyalakan busi, mencharger aki dan lain sebagainya. Selain sebagai pengubah arus AC menjadi DC, kiprok juga berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik dari spull.


 mungkin anda pernah mengalami persoalan bohlam lampu sepda motor anda sering kali putus dan Mengenal Sistem Kelistrikan Sepeda Motor

Keberadaan kiprok ini juga sangat penting sekali pada kendaraan bermotor roda dua, bila komponen ini hingga rusak maka arus listrik yang dihasilkan oleh spull menjadi tidak terkendali sehingga bisa membuat aki menjadi cepat rusak lantaran overcharger dan juga lampu lampu motor, terutama lampu headlamp akan praktis putus. Ciri utama kiprok atau regulator ini bermasalah ialah aki motor praktis tujung bahkan dikala anda mengganti aki dengan yang gres juga akan tujung lagi. Selanjutnya kalau kalian mencoba membetot gas dalam dalam, nyala lampu headlamp yang tiruanla biasa saja menjadi lebih terang dan kesannya putus.

3. Aki / baterai

Sistem kelistrikan sepeda motor selanjutnya ialah komponen AKI motor yang berkhasiat sebagai penyimpan energi listrik berarus DC sementara dikala mesin motor dimatikan, yang nantinya energi cadangan ini dimanfaatkan untuk menyalakan sepeda motor dengan switch starter. Selain digunakan untuk menyalakan mesin motor, energi listrik yang ada didalam aki ini juga digunakan untuk menyalakan perangkat lain pada sepeda motor ibarat lampu lampu, ECU, CDI dan lain sebagainya.

Karena fungsi yang amat penting ini merawat aki ialah hal wajib yang harus selalu diperhatikan bagi anda para pemilik kendaraan roda dua. Salah satu cara merawat aki motor yang baik ialah tidak memakai perangkat yang bisa menguras energi listrik didalam aki, contohnya dengan memasang klakson bersuara besar, klakson variasi, memasang lampu ber watt lebih tinggi dan selalu perhatikan ketinggian air aki sepeda motor untuk type aki basah. Sedangkan untuk aki type kering atau MF anda tidak perlu repot repot menyidik ketinggian air aki alasannya memang aki jenis ini tidak memakai cairan Zuur. Rata rata aki yang berusia 2 hingga 2.5 tahun akan mengalami penurunan kualitasnya dan sebaiknya dilakukan penggantian, namun dengan perawatan yang baik bukan mustahil aki motor yang seharusnya spesialuntuk bisa bertahan selama 2 tahu, bisa digunakan hingga 3 hingga 4 tahun lamanya.

Baca juga : INI penyebab aki motor anda cepat rusak

4. Kabel bodi kendaraan

Kabel body atau harness ialah seperangkat kabel yang digunakan didalam sistem kelistrikan sepeda motor. Biasanya motor yang sudah mempunyai usia pakai lama, ketahanan kabel body pada sepeda motor menjadi menurun, untuk menjaga biar kabel body ini tetap mempunyai kinerja yang baik anda juga harus selalu rutin melaksanakan pengecekan, terutama pada kepingan soket soketnya bila terdapat jamur atau kotoran sebaiknya dimembersihkankan. Begitu juga kalau anda menemukan adanya kabel body yang kondisinya sudah tidak layak pakai, contohnya mengelupas, kabel getas sebaiknya eksklusif segera lakukan penggantian dengan yang baru. Pastikan juga anda spesialuntuk memakai sparepart orisinil atau orisinil dan belilah di dealer resmi, lantaran kualitasnya tentu akan terjamin dan bergaransi walaupun harganya jauh lebih mahal kalau anda membeli produk aftermarket.

5. Fuse atau sekring

Tak lengkap rasanya kalau suatu rangkaian kelistrikan tidak terdapat sebuah fuse atau yang sering kita kenal dengan sebutan sekring. Sekring atau fuse ini ialah sebuah alat pengaman yang ada didunia elektornika/kelistrikan guna mencegah terjadinya kerusakan pada komponen tertentu dalam suatu rangkaian sistem elektronika/kelistrikan. Teknik kerja fuse ini pada umumnya ialah sebagai pemutus arus secara otomatis. Untuk mengetahui lebih lanjut terkena sekring atau fuse silahkan baca goresan pena kami melalui link dibawah ini.

Baca juga : Fungsi dan cara kerja sekring pada motor dan mobil

Nah hingga disini saya rasa sudah cukup untuk klarifikasi dan pengenalan sistem kelistrikan yang ada pada kendaraan bermotor roda dua. melaluiataubersamaini kita mengenal kepingan bagian kelistrikan sepeda motor, tentu akan membuat anda lebih paham dan mengerti kalau ada kerusakan yang terjadi dan sanggup dengan cepat mengambil tindakan yang benar. Semoga bermanfaa dan silahkan dibagikan.


Belum ada Komentar untuk "Mengenal Sistem Kelistrikan Sepeda Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel