Penyebab Bunyi Berdecit Ketika Ac Kendaraan Beroda Empat Dihidupkan

Bunyi decit di AC mobil - pada sebuah AC kendaraan beroda empat selain problem AC kendaraan beroda empat yang kurang hambar atau bahkan tidak hambar sama sekali dan spesialuntuk keluar angin, beberapa duduk kasus lain yang juga sangat mengganggu pengguna kendaraan roda empat ini ialah munculnya suara mencicit ketika AC kendaraan beroda empat dinyalakan, dan ketika dimatikan suara berdecit tadi hilang.

Bukan spesialuntuk pengemudi atau penumpang saja yang merasa terganggu, pengendara lain di jalan raya terutama pengendara motor pun juga akan risih bila mendengar suara mencicit menyerupai ini, terlebih lagi bila anda dan mereka sama sama berhenti di lampu merah. Memang serba salah lantaran bila kita tidak menyalakan AC kabin kendaraan beroda empat rasanya gerah, namun bila dinyalakan kok bunyinya mencakupk sekali. Lalu apa sih penyebab dari suara mencicit ketika AC kendaraan beroda empat dihidupkan ini ?

 pada sebuah AC kendaraan beroda empat selain problem AC kendaraan beroda empat yang kurang hambar atau bahkan tidak hambar  Penyebab Suara Berdecit Saat AC Mobil Dihidupkan

Penyebab AC kendaraan beroda empat suara decit ketika dinyalakan

Ada berbagai penyebab suara bunyian di AC kendaraan beroda empat ketika dinyalakan, mulai dari tali kipas AC yang kendor, bearing AC yang sudah aus dan waktunya untuk diganti, hingga yang paling parah ialah kompressor AC itu sendiri yang bermasalah. Dan semoga anda lebih memahami penyebab AC kendaraan beroda empat berbunyi mencicit ketika dihidupkan, sebaiknya anda juga perlu tahu ciri kerusakan AC semoga nantinya anda dapat dengan praktis melaksanakan penanganan dengan tepat.

Baca juga : Ketahui penyebab AC kendaraan beroda empat kurang dingin

1. AC kendaraan beroda empat suara mencicit ketika dinyalakan lantaran fanbelt AC kendor

Sistem AC kendaraan beroda empat juga membutuhkan fanbelt atau tali kipas yang nantinya dihubungkan dan dipakai untuk memutar kompresor AC. Untuk jenisnya ada yang berupa tali / belt kompressor tunggal, dimana tali belt ini dihubungkan spesialuntuk antara pulley crankshaf dan pulley kompressor AC. Ada pula tali belt AC yang selain dihubungkan dengan pulley kompressor, juga dihubungkan ke pulley alternator atau bahkan tiruana belahan pulley spesialuntuk dihubungkan oleh satu tali kipas. Tali atau belt yang kendor juga dapat menjadikan suara berdecit.

Ciri utama bila yang bermasalah ialah tali kipasnya yang kendor, ketika pertama kali AC dinyalakan, maka suara tersebut akan secara terus menerus terdengar hingga anda mematikan AC gres dapat hilang. Untuk mengusut apakah belt ini yang menjadi penyebab bunyi, kalian dapat menyetel kekencangan tali / belt ini atau melumasi tali kipas dengan memakai gemuk / vet / grease dan mencoba menyalakan mesin mobil, lalu menyalakan AC.

2. AC kendaraan beroda empat suara decit lantaran bearing pulley kompressor yang aus

Penyebab suara decit pada ketika AC kendaraan beroda empat dinyalakan selanjutnya ialah lantaran disebabkan oleh rusak atau ausnya komponen bearing pulley kompressor sehingga setiap kali AC dinyalakan, baik pada ketika kompressor AC bekerja atau tidak suara decit tersebut tetap terdengar. Untuk lebih memastikan bahwa bearing pulley yang bermasalah anda dapat mencoba melepaskan fanbelt kompressor AC ini, gres lalu memutar pulley kompressor dengan tangan. Bila putaran pulley terdengar agresif maka dapat dipastikan suara tadi disebabkan oleh bearing pulley yang rusak. Langkah mengatasinya ialah dengan melaksanakan penggantian bearing pulley ( bila dapat diganti ) atau mengganti pulley kompressor AC bila ternyata bearingnya tidak dapat dilepas.

3. AC kendaraan beroda empat suara berdecit lantaran kompressor AC bermasalah

Dan penyebab kenapa timbul suara ketika AC kendaraan beroda empat dihidupkan selanjutnya ialah lantaran adanya kerusakan didalam komponen kompressor AC, dapat jadi piston kompressor atau yang lainnya. Ciri utama bila kompressor yang bermasalah adalah, ketika AC dinyalakan dan kompressor sedang bekerja maka suara decit tadi akan muncul, namun ketika kompressor AC nya tidak sedang bekerja maka suara berdecit tadi akan hilang. Bila kompressor AC kendaraan beroda empat yang jadi sumber duduk kasus suara sebaiknya anda lakukan servis / perbaikan semoga kerusakannya tidak semakin parah. Biaya servis kompressor AC kendaraan beroda empat ini walaupun terlihat agak mahal, namun jauh lebih murah bila dibandingkan anda mengganti kompressor gres yang harganya berjuta juta itu. Komponen yang ada didalam kompressor AC ini sangatlah banyak dan penyebab kenapa kompressor dapat hingga berbunyi juga bermacam macam, mungkin dilain peluang akan kami bahas terkena hal ini.

Baca juga : Penyebab AC kendaraan beroda empat amis basi dan cara menanganinya

Nah semoga goresan pena diatas dapat anda pahami dengan terperinci serta dapat mempersembahkan anda sedikit pengetahuan khususnya duduk kasus metodeal di dunia otomotif roda empat. Semoga bermanfaa dan silahkan dibagikan.

Oh iya, bila anda berminat untuk mencar ilmu terkena apa saja komponen yang ada pada sistem AC mobil, dibawah ini sudah kami rangkumkan delapan komponen penting pada sistem AC, silahkan dibaca :

Baca juga : Nama komponen penting pada AC kendaraan beroda empat serta fungsinya



Belum ada Komentar untuk "Penyebab Bunyi Berdecit Ketika Ac Kendaraan Beroda Empat Dihidupkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel