Penyebab Kopling Suara Mencicit Ketika Memindahkan Gigi Perseneling

Bunyi di potongan kopling mobil - pada sebuah kendaraan bertransmisi manual keberadaan sistem kopling manual mempunyai peranan sangat penting bagi pengguna untuk melaksanakan perpindahan gigi perseneling sesuai dengan yang diinginkan. Tanpa adanya kopling ini tentu saja kita tidak akan sanggup melaksanakan perpindahan gigi perseneling. Untuk itulah anda sebagai pemilik seharusnya tahu wacana perawatan kopling kendaraan beroda empat semoga tidak praktis dihinggapi kerusakan yang akan merugikan anda.

Salah satu persoalan yang timbul pada sebuah kendaraan bertransmisi manual pada potongan koplingnya ialah susahnya memindahkan gigi perseneling, timbul suara ketika pedal kopling diinjak, munculnya suara mencicit ketika melaksanakan perpindahan gigi perseneling hingga yang paling parah ialah kopling kendaraan beroda empat mengalami loss yang dikarenakan habisnya kampas kopling atau disc clutch. Nah untuk peluang kali ini penulis akan mengulas satu dari sekian banyak problem yang ada pada sistem kopling yakni munculnya suara mencicit setiap kali mengoper atau memindahkan gigi perseneling.

 pada sebuah kendaraan bertransmisi manual keberadaan sistem kopling manual mempunyai tugas Penyebab Kopling Bunyi Mencicit Saat Memindahkan Gigi Perseneling
Release bearing yang rusak akhir sudah tergoda usia

Baca juga : Teknik mengecek sendiri kampas kopling yang aus tanpa membongkar transmisi

Penyebab suara mencicit ketika memindahkan gigi perseneling

Didalam sebuah sistem kopling kendaraan beroda empat terdapat beberapa komponen yang diantaranya ialah roda abnormal atau fly wheel, kampas kopling atau disc clutch, sekat diafragma atau matahari, dan beberapa komponen pendukung yang berfungsi untuk memperhalus putaran dan mempergampang perpindahan gigi yaitu pilot bearing dan juga release bearing. Nah kedua komponen bearing inilah yang biasanya sering timbul suara mencicit ketika memindahkan gigi perseneling alasannya ialah komponen ini sanggup aus dan rusak.


Penyebab release dan pilot bearing cepat aus

Untuk mengetahui kenapa komponen ini begitu cepat sekali aus juga tergantung dari cara pengemudi dalam menggunakan mobilnya. Semakin sering anda menginjak pedal kopling, maka secara otomatis potongan release bearing inipun juga akan sering terputar. Nah saking seringnya release bearing ini berputar membuat komponen ini mengalami gerah, memuai dan gemuk atau grease yang berfungsi sebagai pelumas di dalam bearing ini akan menguap dan habis sehingga membuat gaya gesek anara bola bearing dan rumahnya semakin tinggi dan semakin aus, yang pada kesannya bola bola tersebut akan rontok / hancur.

Teknik mengatasi kopling suara mencicit ketika oper gigi perseneling

Untuk satu satunya cara mengatasi kopling suara mencicit ketika digunakan mengoper gigi spesialuntuklah dilakukan pembongkaran dan dilakukan penggantian komponen pilot bearing dan juga release bearing dengan yang baru, alasannya ialah komponen usang yang sudah rusak tidak sanggup di repair alasannya ialah barang tersebut ialah barang sekali pakai.

Baca juga : Ketahui penyebab pedal kopling terasa keras

Nah mungkin hingga disini klarifikasi penyebab kopling suara mencicit ketika pindah gigi serta cara menanganinya. Untuk tips semoga anda tidak mengalami hal menyerupai ini dikemudian hari, sebaiknya setiap kali mengganti kampas kopling, usahakan anda juga mengganti potongan bearing ini dan tidakboleh menunggu hingga rusak alasannya ialah biaya pembongkaran kembali juga mahal. Semoga bermanfaa.


Belum ada Komentar untuk "Penyebab Kopling Suara Mencicit Ketika Memindahkan Gigi Perseneling"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel