Cara Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil

Tips menaikkan tenaga mesin mobil -salah satu hal yang paling diinginkan yang ada pada sebuah kendaraan ialah kinerja mesinnya yang tangguh dan juga besar, besarnya tenaga mesin yang dihasilkan tentu akan membuat sebuah kendaraan bisa melaju dalam kecepatan yang tinggi sesuai dengan yang diinginkan pemiliknya.

Istilah umum yang dipakai sebagai satuan ukur tenaga mesin ialah Horse Power atau HP. Semakin nilai HP tersebut tingi maka semakin besar pula tenaga yang dihasilkan atau dikeluarkan dari sebuah mesin mobil. Untuk tiap jenis kendaraan beroda empat sendiri mempunyai spesifikasi standar mesin dan juga HP yang dihasilkan. Dan untuk membuat kendaraan tersebut dalam melaju dengan sangat kencang, maka kita perlu menaikkan angka Horse Power ini, dan dibawah ini ialah beberapa cara yang bisa dilakukan guna meningkatkan HP mesin mobil.

salah satu hal yang paling diinginkan yang ada pada sebuah kendaraan ialah kinerja mesinny Teknik Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil



1. Merubah Chip Komputer ( ECU )

Salah satu bab penting yang sanggup mengatur segala sesuatu yang diharapkan oleh kendaraan beroda empat ialah Engine Control Unit atau yang disingkat dengan ECU. ECU ini berfungsi sebagai otaknya kendaraan dimana tiruana kontrol akan diolah disini. Untuk membuat semburan tenaga mesin menjadi tinggi anda bisa melaksanakan penggantian ECU kendaraan beroda empat standart dengan ECU aftermarket yang didesain secara khusus. Namun adakala anda juga perlu melaksanakan perubahan lain menyerupai mengubah air intake dan juga sistem gas membuang.

Baca juga : Akibat buruk mengisi oli mesin terlalu banyak / berlebih


2. Modifikasi Sistem Gas Buang

Salah satu faktor terpenting yang ada didalam kendaraan yang bisa mensugesti tenaga mesin ialah akses gas membuang atau knalpot. Ukuran knalpon yang kecil akan memperlambat sisa gas membuang untuk segera keluar dari dalam sistem, sebagian mungkin akan terjebak didalam ruang bakar sehingga hal ini akan membuat tenaga mesin menjadi loyo. Agar HP mesin kendaraan beroda empat meningkat anda bisa melaksanakan perubahan pada akses gas membuang, menganti bab menyerupai header, free flow muffler dengan ukuran yang lebih besar biar udara sisa gas membuang akan pribadi bisa keluar sehingga efek tekanan balik gas membuang bisa diminimalisir. Jika sistem gas membuang mesin kendaraan beroda empat ini lancar maka proses pembakaran didalam ruang mesin menjadi terbaik.

3. Memasang Komponen Turbocharger

Ingat bahwa proses pembakaran didalam ruang mesin membutuhkan materi bakar dan oksigen sebagai syarat mutlak biar bisa terjadi sebuah pembakaran. Dan fungsi utama dari turbocharger ini ialah untuk memmenolong memampatkan udara yang masuk kedalam silinder / ruang bakar. melaluiataubersamaini meningkatnya tekanan oksigen didalam ruang bakar maka proses pembakaran pun menjadi terbaik dan tenaga mesin pun menjadi lebih kuat. melaluiataubersamaini demikian hal ini berarti dengan memasang komponen turbocharger maka suplay oksigen didalam ruang bakar akan semakin meningkat, pastikan anda juga mengganti ukuran silinder dengan yang lebih besar.

Baca juga : Fungsi turbocharger dan nama komponen yang ada didalam turbocharger


4. Mendinginkan Udara Yang Masuk melaluiataubersamaini Intercooler

Suhu udara yang tinggi atau gerah jikalau dimasukkan kedalam ruang bakar kemudian dikompresi, maka udara tersebut akan menyusut lantaran udara bersuhu tinggi bentuk molekulnya lebih renggang jikalau dibandingkan dengan udara biasa atau udara dingin. Nah biar suplay oksigen didalam ruang bakar menjadi padat dan banyak, maka udara yang masuk tadi perlu didinginkan terlebih lampau dengan memakai sebuah komponen yang disebut dengan Intercooler. Komponen intercooler ini bentuknya menyerupai dengan radiator, namun bedanya yang didinginkan oleh intercooler ini ialah udara. Makara setelah udara kompresi oleh turbocharger akan didinginkan terlebih lampau didalam intercooler ini, setelah cuek barulah udara dimasukkan kedalam ruang bakar.

5. Mengurangi Beban kendaraan

Kendaraan yang membawa muatan terlalu berat juga akan menghambat laju kendaraan. melaluiataubersamaini kata lain berat barang yang dimuat ini juga akan mensugesti nilai dari Horse Power mesin kendaraan beroda empat dari yang standarnya A menjadi B setelah dipakai memuat beban berat. Oleh lantaran itu mengurangi berat beban yang ada pada sebuah kendaraan juga bisa membuat tenaga mesin menjadi meningkat, namun yang perlu diingat ialah tidakboleh mempreteli beberapa komponen yang ada didalam kendaraan yang mempunyai fungsi penting menyerupai melepas ban serep misalnya.

6. Merubah Saenteng Udara ( Air Filter )

Saenteng udara atau air filter mempunyai peranan penting untuk menjaga ruang bakar terbebas dari kotoran baik itu pasir, abu atau bahkan watu lantaran sebelum udara masuk kedalam ruang bakar tentunya akan disaring terlebih lampau di saenteng udara ini. Untuk ukuran saenteng udara kendaraan beroda empat standard biasanya lebih rapat sehingga udara yang masuk kedalam mesin memang benar benar membersihkan namun akan sedikit terambat alirannya lantaran saking rapatnya komponen saenteng udara. melaluiataubersamaini melaksanakan penggantian saenteng udara memakai produk aftermarket yang lebih renggang akan membuat fatwa udara yang masuk kedalam ruang bakar menjadi lancar sehingga suplay oksigen tercukupi dan membuat tenaga mesin menjadi meningkat.

7. Penggunaan Busi dan Bahan Bakar Berkualitas

Penggunaan materi bakar serta busi yang berkarakter juga akan mensugesti tenaga mesin yang dihasilkan. Busi berkarakter menyerupai busi IRIDIUM tentu akan membuat proses pembakaran menjadi lebih lancar lantaran percikan api yang dihasilkan lebih serius. Sedangkan untuk materi bakar sendiri juga demikian, anda perlu memakai materi bakar dengan kualitas bagus, lantaran materi bakar yang kualitasnya buruk akan mensugesti kinerja mesin khususnya ialah sisa pembakaran yang tidak tepat yang kemudian tertinggal didalam ruang bakar. Biasanya oktan materi bakar bensin yang tinggi mempunyai kualitas yang bagus. Oktan 92 lebih manis dari oktan 88.

Baca juga : Arti Torsi Mesin Dan Horse Power

Nah itulah tadi beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk membuat tenaga mesin kendaraan beroda empat menjadi lebih meningkat. Yang perlu anda ingat adalah, semakin tinggi tenaga mesin yang dihasilkan tentu akan kuat terhadap konsumsi materi bakar kendaraan beroda empat menyerupai yang doloenya irit kini menjadi lebih boros. Hal ini sangatlah masuk akal lantaran tenaga mesin berbanding lurus dengan tingkat konsumsi materi bakar.


Belum ada Komentar untuk "Cara Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel