Tips Merawat Mesin Diesel Semoga Selalu Prima

Tips cara merawat kendaraan beroda empat bermesin diesel - bagi pemilik dan pecinta kendaraan beroda empat bermesin diesel, khususnya mesin diesel usang menyerupai yang ada pada kendaraan Isuzu Panther atau yang seumurannya memang perlu melaksanakan perawatan yang lebih intensif dibandingkan dengan kendaraan beroda empat diesel keluaran terbaru yang sudah diselipkan banyak sekali kecanggihan yang ada.

Karena hal ini pula lah kendaraan diesel jadul ini mulai ditinggalkan, banyak para mengguna kendaraan lebih menentukan kendaraan beroda empat bermesin bensin yang dirasa lebih nyaman dan bebas dari getaran, ataupun kendaraan beroda empat matic yang sedang ngetren ketika ini.

 bagi pemilik dan pecinta kendaraan beroda empat bermesin diesel Tips Merawat Mesin Diesel Agar Selalu Prima

Nah buat kalian yang masih memiliki, menyimpan dan memakai kendaraan beroda empat diesel model lama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatannya lantaran perawatan kendaraan beroda empat bermesin diesel tidak mengecewakan lebih ribet, biar kondisi mesin diesel anda selalu prima, tidakboleh lupakan beberapa hal dibawah ini :


TIPS CARA MERAWAT MOBIL MESIN DIESEL


Rutin memmembersihkankan saenteng udara

Karena kendaraan beroda empat bermesin diesel ini mempunyai tingkat kompresi yang jauh lebih tinggi dibandingkan kendaraan beroda empat bermesin bensin, membuat kondisi saenteng udara untuk kendaraan beroda empat bermesin diesel ini lebih simpel kotor, terutama kotoran yang berupa debu ataupun partikel kecil menyerupai pasir yang terhisap masuk dan terjaring didalam saenteng udara. Pastikan anda selalu rutin memmembersihkankan potongan saenteng udara ini dengan memakai semprotan udara bertekanan tinggi untuk merontokkan debu yang menempel. Usahakan juga rutin melaksanakan penggantian saenteng udara kalau kondisinya sudah sangat buruk, ditandai dengan menghitamnya komponen filter udara dan sudah tidak sanggup disemprot dan dimencakuphkan lagi. Biasanya penggantian saenteng udara ini dilakukan tiap 15.000 km sekali, atau lebih cepat tergantung kondisinya.

Baca juga : INI alasan kenapa kendaraan beroda empat diesel wajib kuras tangki solar

Rutin mengganti filter materi bakar

Kondisi materi bakar yang beredar di indonesia ini kualitasnya jauh tidak sama dengan materi bakar yang dijual di luar negeri. Didalam negeri, materi bakar solar ini masih banyak mengandung molekul air dan juga kerak atau jelaga sehingga sanggup membuat saenteng materi bakar cepat sekali kotor. Jika sudah demikian maka suplay solar kedalam ruang bakar akan tergangu dan membuat kinerja mesin diesel anda bermasalah. Oleh alasannya itu rutin lakukan penggantian saenteng materi bakar solar sesuai dengan yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan beroda empat yang bersangkutan. Biasanya penggantian fuel filter ini dimasukankan setiap kendaraan menempuh jarak 10.000Km walaupun filter belum kotor kotor amat. Mencegah justru lebih baik bukan ? Atau kalau anda tidak mempunyai dana yang cukup sanggup melepas dan memmembersihkankan filter solar dengan cara memukul mukul dan mengeluarkan solar yang bercampur kotoran dari dalam fuel filter ( tidak dimasukankan ).

Rutin memmembersihkankan water sedimenter

Fungsi dari water sedimenter atau water separator ini ialah untuk memisahkan kandungan air yang ada didalam materi bakar biar tidak ikut masuk kedalam ruang bakar sehingga menyebabkan kerusakan. Biasanya kalau kandungan air yang ada pada tabung sedimentor ini sudah penuh atau banyak, maka lampu indikator materi bakar akan menyala. Untuk kendaan diesel model gres saenteng materi bakar akan menjadi satu dengan tabung sedimenter ini, sehingga proses pemmembersihkanannya lebih gampang. Untuk mengeluarkan kandungan air kita sanggup membuka sumbat drain cock atau sumbat penguras, dan untuk memmembersihkankan tabung sedimenter dari kerak dan jelaga / residu materi bakar solar, kita harus membongkarnya terlebih lampau, gres kemudian dimembersihkankan dan dirakit kembali. Pemmembersihkanan tabung water sedimenter ini juga sebaiknya dilakukan tiap kendaraan menempuh jarak per 10.000Km, atau lebih cepat juga lebih baik lagi.

Rutin melaksanakan penggantian oli mesin

Untuk kendaraan bermesin diesel jadul menyerupai kijang kapsul ataupun isuzu panther, sangat dimasukankan untuk rutin mengganti oli mesin setiap kendaraan beroda empat sudah menempuh jarak 5.000km. Hal ini bukan tanpa alasan lantaran rasio kompresi dari mesin diesel ini sangat tinggi, maka membuat oli mesin ini simpel sekali kotor. Pastikan juga anda memakai oli yang dikhususkan untuk kendaraan beroda empat bermesin diesel, tidakboleh hingga salah oli.

Rutin melaksanakan ganti saenteng oli mesin

Biasanya paket perawatan kendaraan beroda empat yaitu kalau mengganti oli mesin, otomatis kita juga dimasukankan untuk mengganti saenteng olinya. Sebab akan percuma kalau kita memakai oli baru, namun kondisi filter oli nya masih kotor. Untuk yang tidak mempunyai banyak dana dan harus menekan biaya servis, anda sanggup mengganti saenteng oli ini tiap 2 kali ganti oli mesin, namun memang sebaiknya setiap ganti oli mesin saenteng olinya juga diganti.

Menggunakan materi bakar dengan angka cetgua tinggi

Selain beberapa hal diatas, ada hal lain yang tidak kalah penting dalam melaksanakan perawatan mesin diesel biar kondisinya senantiasa prima yakni dalam hal pemilihan materi bakar solar yang mempunyai nilai cetgua tinggi. Semakin tinggi nilai cetgua, maka semakin simpel solar tersebut untuk dibakar sehingga sanggup meminimalisir suara ketukan dan kerusakan piston akhir terjadinya ketukan atau knocking tadi. Selain melihat angka cetgua, perhatikan juga kandungan belerang yang ada didalam materi bakar tersebut, semakin rendah kandungan belerang maka semakin manis materi bakar dipakai alasannya kandungan belerang tingi sanggup menyebabkan kebuntuan pada kanal injektor solar. Untuk mengetahui lebih lengkap wacana apa itu cetgua number atau angka cetgua, silahkan baca melalui tautan dibawah ini.

Baca juga : Mengenal angka cetgua pada materi bakar solar

Nah dengan kita selalu memperhatikan kondisi mesin kendaraan beroda empat yang memakai diesel ini, otomatis tingkat kerusakan yang lebih parah sanggup diminimalisir sehingga secara tidak pribadi anda sanggup menghemat uang. Coba bayangkan kalau anda tidak pernah melaksanakan kewajiban yang harus dilakukan menyerupai diatas, kalau mesin kendaraan beroda empat rusak, biaya perbaikannya tentu saja sangat mahal. Semoga sedikit goresan pena diatas sanggup bermanfaa.

Baca juga : Tips atasi mesin panther masuk angin



Belum ada Komentar untuk "Tips Merawat Mesin Diesel Semoga Selalu Prima"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel