Inilah Alasan Jangan Matikan Mesin Turbo Secara Mendadak

Tahukah anda mengapa kita dilarang mematikan mesin kendaraan beroda empat diesel turbo secara mendadak sehabis digunakan / digeber dijalanan?. 

Seringkali para pemilik kendaraan beroda empat khususnya bermesin diesel dengan dilengkapi tehnologi turbo mengacuhkan larangan larangan menyerupai ini alasannya yaitu mungkin mereka tidak mendapat klarifikasi yang lebih detail terkena apa yang dihentikan tersebut,sehingga lebih menentukan mengacuhkan larangan tersebut.

Sekilas terkena fungsi turbo pada mesin diesel

Fungsi utama dari turbo ini yaitu untuk memanfaatkan gas membuang hasil pembakaran dengan mengembalikannya lagi kedalam ruang bakar melalui kipas / turbin turbo sehingga supplay udara lebih banyak dan lebih menambah kepadatan udara yang dikompresikan sehingga lebih mempersembahkan power. Komponen utama dari turbo ini yaitu turbin atau baling baling yang terpasang sempurna pada jalan masuk gas membuang,sejajar dengan turbin yang berada sempurna menuju intake manipol.

dilarang mematikan mesin kendaraan beroda empat diesel turbo INI Alasan Jangan Matikan Mesin Turbo Secara Mendadak
diagram cara kerja mesin turbo
warna orange yaitu ajaran udara gerah
warna biru yaitu ajaran udara hambar sehabis melalui intercooler

Dan pada umumnya turbin ini mengandalkan pelumasan dengan memakai oli,mengingat putara turbin yang sangat sangat kencang. Sehingga jika kita mematikan mesin diesel turbo ini secara mendadak maka supplay oli pelumas yang masuk kedalam poros turbin ini akan pribadi terhenti,sedangkan turbin masin berputar dengan kencangnya.

Tentu saja lambat laun turbin akan mengalami keausan pada porosnya,dan jika poros turbin tersebut aus,putaran menjadi tidak simetris dan tentu saja turbin akan hancur akhir membentur dinding ruang turbin.

dilarang mematikan mesin kendaraan beroda empat diesel turbo INI Alasan Jangan Matikan Mesin Turbo Secara Mendadak
penampang turbo yang dibelah.
warna kuning yaitu turbin / baling baling


semoga tidak terjadi hal yang demikian maka dikala hendak mematikan mesin kendaraan beroda empat diesel ini tunggulah kira kira 1 atau 2 menit sehabis mesin iddle. Bila tidak mau repot cukup pasang alat yang berjulukan TURBO TIMER sehingga mesin turbo anda lebih infinit nantinya.


Belum ada Komentar untuk "Inilah Alasan Jangan Matikan Mesin Turbo Secara Mendadak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel