Cara Menyetel Tinggi Body Kendaraan Beroda Empat Panther

Teknik menyetel tinggi body mobil - salah satu permasalahan kendaraan beroda empat jadul layaknya kendaraan beroda empat Toyota kijang kapsul maupun Isuzu Panther ialah terkena ketinggian body depan kendaraan beroda empat yang tidak sama antara yang kiri dengan yang kanan sehingga kendaraan beroda empat terlihat miring saat dilihat dari depan.

Selain kurang sedap dipandang, ketinggian body kendaraan beroda empat yang tidak seimbang ini juga sanggup mempengaruhi manuver mobil, kendaraan beroda empat akan cenderung lebih simpel bermanuver ke sisi yang lebih rendah sehingga rasa nyaman pun sedikit berkurang. Nah maka dari itu bila anda ialah pengguna kendaraan beroda empat kijang kapsul maupun Isuzu panther yang body depannya miring, maka ada baiknya lakukan penyesudah ketinggian body mobil.

 salah satu permasalahan kendaraan beroda empat jadul layaknya kendaraan beroda empat Toyota kijang kapsul maupun Isuzu Pant Teknik Menyetel Tinggi Body Mobil Panther


Anda sanggup melaksanakan penyetelan ketinggian body kendaraan beroda empat ini di bengkel resmi, bengkel khusus understeel maupun di bengkel spooring, namun bila anda iseng ingin mencoba melaksanakan penyetelan ketinggian body mobil, dibawah ini ialah panduan cara menyetel body kendaraan beroda empat panther yang sanggup kalian ketahui.


Sediakan alat dan materi untuk menyetel tinggi body mobil


  • Dongkrak mobil
  • Kunci ring ukuran 22" ( 22 inchi )
  • Meteran atau alat ukur panjang lainnya
  • Pisau pemotong / cutter untuk memotong karet dumper ( opsional bila dibutuhkan )



Langkah menyetel ketinggian body mobil

Sebelum melaksanakan penyetelan ketinggian body kendaraan beroda empat pastikan beberapa komponen ibarat shockbreaker, tierod, long tierod dalam keadaan cantik alias tidak rusak. Kemudian dalam menyetel ketinggian body kendaraan beroda empat semoga tidak terlalu rumit dan memakan waktu sanggup menyetel salah satu sisi untuk disamakan dengan sisi lainnya dengan catatan tidak lebih tinggi dari tinggi body belakang. contohnya bila tinggi body diukur dari bibir velg paling atas, ketinggin body belakang sekitar 20 cm, yang kiri sekitar 17cm dan sedangkan yang kanan spesialuntuk sekitar 12 cm, maka anda sanggup menyetel tinggi body sebelah kanan untuk disamakan. Adapun langkahnya ialah sebagai diberikut :

 salah satu permasalahan kendaraan beroda empat jadul layaknya kendaraan beroda empat Toyota kijang kapsul maupun Isuzu Pant Teknik Menyetel Tinggi Body Mobil Panther


Dongrak bab depan kendaraan hingga posisi ban terangkat sepenuhnya, hal ini semoga anda lebih simpel dalam memutar baut penyetel torsi. Sesudah roda depan terangkat sepenuhnya, silahkan anda putar kepala baut penyetel torsi ibarat yang terlihat pada gambar yang dilingkari dengan warna kuning diatas guna melaksanakan penyetelan ketinggian. Untuk menaikkan tinggi body silahkan diputar searah jarum jam, sedangkan untuk menurunkan ketinggian body anda sanggup memutarnya berlawanan jarum jam. Sebagai permulaan anda sanggup memutar kepala baut penyetel torsi tersebut sebanyak 1 putaran penuh, kemudian turunkan dongkrak dan enjot enjot body depan mobil, selanjutnya silahkan diukur memakai meteran, bila ketinggian masih belum sama tinggi anda sanggup mengulangi langkah diatas hingga diperoleh ketinggian body kendaraan beroda empat yang sama.

Sesudah ketinggian body kendaraan beroda empat diperoleh, tidakboleh lupa untuk memotong karet dumper yang terpasang di upper atau lower arm "spesialuntuk bila anda menurunkan atau menaikkan body kendaraan beroda empat secara ekstrim", hal ini dimaksudkan semoga gerakan ayun dari lower arm tadi menjadi tidak mentok, lokasi karet dumper ibarat terlihat pada gambar yang ditunjukan dengan bulat dan panah kuning diatas.


Jika anda menurunkan body kendaraan beroda empat maka karet dumper yang harus dipotong ialah yang terpasang akrab dengan lower arm, sedangkan bila anda menaikkan body kendaraan beroda empat maka anda perlu memotong karet dumper yang terpasang di bab upper arm. Teknik pemotongannya juga dihentikan sembarangan, yakni dengan menurunkan / melepas dongkrak, kemudian perhatikan apakah karet dumper tadi jaraknya mepet sekali, bila mepet anda sanggup memotongnya sekitar 1 hingga 2 cm an saja, namun bila tidak terlihat mepet maka anda tidak perlu melaksanakan pemotongan.

Sesudah penyetelan dan pemotongan selesai, langkah terakhir ialah lakukan tes atau uji jalan dengan berkeliling di jalanan.

Baca juga : Tips melaksanakan perawatan pada panther tua

Catatan penting

Jangan menyetel ketinggian body kendaraan beroda empat bab depan sama tinggi atau lebih tinggi dibandingkan ketinggian body belakang, usahakan selisih ketinggian bab depan kendaraan beroda empat terbaik lebih rendah 2,5 hingga 3 cm saja.




Belum ada Komentar untuk "Cara Menyetel Tinggi Body Kendaraan Beroda Empat Panther"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel