Perbedaan Kendaraan Beroda Empat Suv Dan Crossover

SUV vs Crossover - pamasukan untuk kendaraan beroda empat jenis SUV memang semakin memperoleh kawasan di hati para konsumennya, namun disisi lain lahir variasi lain dari kendaraan beroda empat SUV yang bahkan namanya lebih cepat naik dibandingkan SUV itu sendiri. Varian kendaraan beroda empat tersebut berjulukan Crossover Utility Vehicle atau yang disingkat dengan CUV, dan beberapa orang lagi spesialuntuk menyebutnya sebagai kendaraan beroda empat crossover.

 pamasukan untuk kendaraan beroda empat jenis SUV memang semakin memperoleh kawasan di hati para konsumennya Perbedaan Mobil SUV Dan Crossover


Jika anda lihat desain dari body kendaraan diantara keduanya, kendaraan beroda empat jenis SUV mempunyai bentuk desain yang lebih kaku dan terkesan mengkotak. Sementara untuk kendaraan beroda empat jenis crossover desain body nya lebih terlihat elegan, body lebih miring dan mempunyai lekukan yang lebih banyak. Nah salah satu hal yang bisa kalian jadikan patokan sebagai pembeda antara kendaraan beroda empat SUV dengan kendaraan beroda empat crossover ialah ground clereance nya, ground clereance untuk kendaraan beroda empat crossover biasanya lebih rendah dibandingkan dengan kendaraan beroda empat jenis SUV.

Baca juga : Mengenal apa itu ergonomis pada mobil

Namun demikian seiring perkembangannya membuat kita mengalami kesusahan dalam membedakan apakah kendaraan beroda empat tersebut jenis SUV ataukah jenis crossover jikalau tidak membaca spesifikasi detail dari kendaraan beroda empat yang kita lihat terutama di bab rangka, alasannya ketika ini keduanya mulai mengaplikasikan desain yang dinamis yang sengaja ditujukan untuk para konsumen di perkotaan.


Unibody VS Body on frame

Desain rangka dari kendaraan crossover menyerupai mirip kontruksi rangka kendaraan beroda empat hatback, sedan, MPV dimana kontruksi rangka ini bersifat built-in. sedangkan kendaraan yang tergolong kedalam kategori SUV / proper SUV memakai kontruksi rangka yang kita kenal dengan sebutan body on frame dimana rangka model ini jamak kita temukan pada kendaraan menyerupai bus dan juga truk. Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat gambar dibawah ini.

 pamasukan untuk kendaraan beroda empat jenis SUV memang semakin memperoleh kawasan di hati para konsumennya Perbedaan Mobil SUV Dan Crossover


Dari segi kekuatannya, rangka model body on frame ini lebih besar lengan berkuasa jikalau dibandingkan dengan rangka unibody, atau dengan kata lain kendaraan dengan rangka body on frame ini mempunyai kemampuan dan ketahanan untuk menjelajahi medan off-road lebih baik dibandingkan dengan rangka unibody crossover, namun disisi lain model rangka body on frame ini lebih berat dibandingkan dengan unibody.

Bahkan alasannya meningkatnya minat konsumen akan kendaraan crossover, membuat beberapa pabrikan kendaraan beroda empat menyerupai General Motor, Ford, dan Chrysler mulai memmembuang kendaraan jenis SUV yang identik dengan rangka model body on frame dan menggantikannya dengan rangka unibody. Dan juga salah satu pabrikan otomotif yang mempunyai kendaraan off-road populer yakni Jeep pun mulai mengenalkan kendaraan beroda empat cossovernya.

Mobil yang termasuk kedalam jenis SUV maupun Crossover

Toyota ialah pabrikan yang mempunyai jenis kendaraan SUV paling banyak, beberapa seri SUV milik Toyota diantaranya ialah FJ Cruiser, Land Cruiser,4 runner, Sequoia dan juga Fortuner. Menduduki peringkat kedua pabrikan yang mempunyai banyak seri kendaraan beroda empat SUV ialah Nissan dengan Nissan Patrol, Nissan Xterra dan juga Nissan Armada.

Sedangkan kendaraan beroda empat yang termasuk kedalam kategori Crossover atau CUV dari aneka macam merek diantaranya ialah Honda HR-V, Mitsubishi Outlander, dan juga Ford Ecosport.

Baca juga : Tips mengetahui jenis kendaraan beroda empat dari desain body nya

Nah itulah tadi klarifikasi terkena perbedaan dari kendaraan beroda empat jenis SUV dan Crossover, biar bermanfaa, silahkan di share artikelnya dan terima kasih sudah berkunjung.



Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Kendaraan Beroda Empat Suv Dan Crossover"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel